Indonesia Positif

Peringati HUT ke-77 RI, Simfoni FM UIN Maliki Malang Siaran Radio Pakai Bahasa Jawa

Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:43 | 101.27k
Suasana siaran spesial Simfoni FM memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 77 (FOTO: Adam Chesar Gunawan/TIMES Indonesia)
Suasana siaran spesial Simfoni FM memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 77 (FOTO: Adam Chesar Gunawan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Radio Simfoni FM UIN Maliki Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang) peringati kemerdekaan Indonesia dan menggunakan Bahasa Jawa untuk siaran.

Kegiatan ini salah satu upaya radio kampus tersebut untuk ikut memeriahkan peringatan 77 tahun kemerdekaan Indonesia.

Melisa, Manager On Air Simfoni FM mengatakan, walaupun sebagai anak radio yang selalu mengikuti perkembangan zaman, tetapi tidak lupa dengan bahasa daerahnya.

Simfoni-FM-b.jpgOcha dan Retha, penyiar di siaran spesial Simfoni FM memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 77 (FOTO: Adam Chesar Gunawan/TIMES Indonesia)

"Hari ini seharusnya siarannya full pakai beda bahasa semua, dari Bahasa Sunda, Lampung, Batam, Madura, Jawa, dan lainnya. Tapi ternyata belum bisa terealisasi, jadi pilih Bahasa Jawa aja yang paling dekat dengan Simfoni FM," ucap Melisa yang juga seorang mahasiswa Program Studi Manajemen UIN Maliki Malang.

Walaupun begitu, niat yang dilakukan masih sama untuk melestarikan bahasa daerah di peringatan kemerdekaan Indonesia di tahun ini.

Tema yang dibawakan oleh Ocha dan Retha dalam siaran Bahasa Jawa kali ini tentang tradisi-tradisi unik oleh beberapa daerah di Indonesia menyambut kemerdekaan.

Simfoni-FM-c.jpgAvanty, penyiar berita di siaran spesial Simfoni FM memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 77 (FOTO: Adam Chesar Gunawan/TIMES Indonesia)

Ocha, salah satu penyiar yang juga Staff Program Officer mengungkap siaran ber-Bahasa Jawa kali ini adalah hal baru yang asik dan patut dicoba untuk radio-radio lainnya.

Tidak hanya Ocha dan Retha yang menggunakan Bahasa Jawa dalam siaran mereka. Avanty, selaku penyiar berita juga menggunakan bahasa yang sama untuk membawakan berita terkini.

UKM Radio Simfoni FM UIN Maliki Malang sendiri selain memperingati hari kemerdekaan Indonesia melalui siaran kali ini, akan ada lomba-lomba kemerdekaan yang akan dilakukan akhir minggu ini.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES