Peristiwa Daerah

Semarak! Mahasiswa Asing di Malang Ikut Rayakan HUT ke-77 RI

Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:25 | 23.48k
Kemeriahan mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat mengikuti lomba dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Kemeriahan mahasiswa asing Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) saat mengikuti lomba dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Puluhan mahasiswa asing dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mengikuti proses perayaan semarak HUT ke-77 RI, Rabu (17/8/2022).

Mereka juga mengikuti sejumlah perlombaan Agustusan unik. Mulai dari bermain egrang, makan kerupuk, balap papan kaki dan perlombaan menarik lainnya.

Mahasiswa internasional asal Iran, Farzaneh Sadeghi Moghaddam merasa senang dan bahagia bisa turut hadir dalam upacara di UMM. Ia mengaku bahwa ini menjadi kali pertamanya mengikuti upacara kemerdekaan Indonesia. Menurutnya, orang-orang Indonesia terlihat sangat bangga dengan negaranya.

“Salah satu yang paling menarik adalah keberagaman baju adat yang dikenakan peserta upacara di UMM ini. Saya sangat menyukainya. Kalau saya boleh bilang, budaya menjadi daya tarik yang luar biasa dari Republik Indonesia,” katanya.

Farzaneh, begitu ia kerap disapa, menambahkan bahwa kecintaan masyarakat akan budayanya tidak hanya terlihat dari baju adat. Tapi juga tari, kebiasaan, dan juga jumlah bahasa lokal yang melimpah. Bahkan, bahasa daerah juga diajarkan di sekolah-sekolah formal. Hal itu membuatnya takjub dan ingin belajar banyak hal tentang negara maritim ini.

UMM-b.jpg

“Saya tentu ingin mengucapkan Selamat hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-77. Semoga negara ini bisa lebih maju dan tetap menjaga budayanya yang kaya,” ungkap mahasiswa magister UMM itu.

Ketua Pelaksana Semarak HUT ke-77 RI UMM Frendy Aru Fantiro, M.Pd menyampaikan kegiatan ini berkonsep kebangsaan. Seluruh peserta ucapan mengenakan baju dan atribut bertema nasionalisme untuk menumbuhkan semangat kebangsaan.

"Kalau peserta upacara sekitar 2.500 dari dosen, karyawan dan mahasiswa. Ada sekitar 25 mahasiswa asing yang ikut lomba tujuh belasan ini. Mereka suka," katanya.

HUT ke-77 Republik Indonesia ini UMM juga melibatkan ratusan siswa SD di Malang Raya mengikuti sejumlah perlombaan. Ada fashion kids dan beragam lomba menarik lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES