Peristiwa Internasional

Warga China Ditangkap Akibat Menggunakan Kimono Jepang

Rabu, 17 Agustus 2022 - 12:58 | 72.83k
Ilustrasi: warga menggunakan Kimono Jepang. (FOTO: Franck Robichon/EPA)
Ilustrasi: warga menggunakan Kimono Jepang. (FOTO: Franck Robichon/EPA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Seorang perempuan warga China yang sedang melakukan pemotretan di Jalan ditangkap oleh polisi stempat karena menggunakan kimono yang diketahui merupakan pakaian adat negara Jepang. Kejadian tersebut bertempat di Suzhou, China Minggu (14/8/2022).

Sebuah video yang diunggah di Twitter oleh akun Manya Koetse menunjukkan perdebatan antara polisi dengan wanita yang menggunkaan kimono berwarna putih dengan aksen bunga sakura besar berwarna merah.

Dilansir dari the Guardian, polisi keberatan karena si model menggunakan kimono. "Kalo kamu kesini memakai Hanfu (pakaian adat China) saya tidak akan keberatan. Tapi kamu warga China memakai kimono. Kamu warga China, bukan?" ungkap sang polisi dalam video tersebut.

Tak lama berselang, perempuan itu ditarik paksa mengikuti polisi dan hanya diberitahu dirinya ditangkap karena melawan polisi dan menimbulkan masalah. Hingga berita ini diturunkan masih belum ada tanggapan resmi kepolisisan Souzhou mengenai kejadian ini.

Video yang diunggah Koetse ini telah ditonton puluhan juta pengguna Twitter. Penggunaan pernak pernik Jepang di negara Panda ini memang sering menjadi kontorversi terkait ketidak akuran kedua negara tersebut.

Video ini juga mencuatkan pro kontra pengguna Twitter. Sebagian mendukung larangan penggunaan atribut budaya Jepang namun lainnya juga berpikiran lebih terbuka. Namun banyak pula yang mengecam kelakun pemerintah China.

Disinyalir, kecondongan Jepang terhadap negara Barat menjadikan China sedikit iri dan sakit hati. Bahkan sempat terjadi penolakan oleh penduduk lokal saat politisi Jepang mengunjungi China beberapa waktu lalu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Khodijah Siti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES