Wisata

Masuk Obyek Wisata Kaliurang dan Kaliadem Gratis, Cek Waktunya Yuk

Selasa, 16 Agustus 2022 - 14:03 | 80.73k
Para wisatawan saat menikmati alam dan pemandangan Gunung Merapi. (FOTO: Dinas Pariwisata Sleman)
Para wisatawan saat menikmati alam dan pemandangan Gunung Merapi. (FOTO: Dinas Pariwisata Sleman)

TIMESINDONESIA, SLEMAN –  Kemeriahan HUT ke-77 RI terlihat di berbagai pelosok kampung dan kawasan obyek wisata di Kabupaten Sleman. Nah, sebagai wujud syukur atas Kemerdekaan RI, Dinas Pariwisata Pemkab Sleman menggratiskan tiket masuk ke Obyek Wisata Kaliurang dan wisata Kaliadem.

“Pada Rabu, 17 Agustus nanti retribusi Kawasan Wisata Kaliurang dan Kaliadem dibebaskan atau gratis,” kata plt Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Sleman Suparmono kepada TIMES Indonesia, Selasa (16/8/2022).

Selain mengunjungi wisata, Dinas Pariwisata Pemkab Sleman mengajak masyarakat ikut serta mengikuti upacara yang akan dipusatkan di Nawang Jagad Kawasan Kaliurang Barat pada Rabu, 17 Agustus pagi. “Kita rayakan bersama-sama Kemerdekaan RI,” tandas Suparmono.

menikmati-alam-dan-pemandangan-Gunung-Merapi-2.jpg

Pejabat fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Dinas Pariwisata Pemkab Sleman, Rini Wahyu Hestari mengatakan, rangkaian kegiatan di Obyek Wisata Nawang Jagad pada 17 Agustus dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.30 WIB.

Selain upacara Kemerdekaan RI, pihaknya akan menggelar Flash Mob Tari Badui oleh peserta upacara. Tari Badui dipilih karena tari ini merupakan salah satu kesenian asli Kabupaten Sleman yang dalam perform dikemas menjadi seni pertujukan yang dapat diikuti oleh semua peserta upacara maupun pengunjung. Sedangkan even Band Rebo Ngeslow di Kawasan Tlogo Putri Kaliurang digelar pada pukul 11.30 hingga 13.30 WIB.

“Penampilan Tari Badui kolaborasi antara Sanggar Tari Kerincing Manis dari  Jaban Tridadi, Sleman dan Sanggar Sekar Jayashree dari Balangan Karangpakis Wukirsari Cangkringan,” tandas Rini.

Ketua Forum masyarakat Kaliurang (Formak), Farchan Hariem mengajak masyarakat dan wisatawan ikut memeriahkan Kemerdekaan RI di Kawasan Kaliurang Lereng Gunung Merapi.

“Kemerdekaan RI menjadi momentum para pelaku pariwisata untuk bersama bangkit memulihkan ekonominya,” terang Farchan.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Pemkab Sleman, Aris Herbandang mengatakan, pada Agustus ini tingkat hunian hotel bintang 3 hingga bintang 5 tingkat huniannya mencapai 100 persen. “Agustus ini tingkat hunian hotel terendah sekitar 70 persen,” terang Herbandang.

Ia berharap, berbagai acara yang disiapkan Dinas Pariwisata Pemkab Sleman bersama pelaku wisata Kawasan Kaliurang selama Agustus ini dapat meningkatkan hunian hotel dan kunjungan wisatawan.

“Pelaku pariwisata Kawasan Obyek Wisata Kaliurang dan Wisata Kaliadem tetap optimis. Semoga, kunjungan wisatawan terus meningkat selama perayaan HUT ke-77 RI,” harap Herbandang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES