Peristiwa Daerah

HUT RI Ke 77, Orderan Panjat Pinang di Indramayu Naik Dua Kali Lipat

Senin, 15 Agustus 2022 - 22:02 | 24.71k
Pengerajin panjat pinang di Indramayu banjir orderan (Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)
Pengerajin panjat pinang di Indramayu banjir orderan (Selamet Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Pengerajin bambu panjat pinang di Desa Teluk Agung Kabupaten Indramayu Jawa Barat, banjir orderan jelang peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77, tahun 2022.

Dodi, salah satu pedagang dan pengerajin panjat Pinang  mengaku dirinya bisa membuat pesanan 4 sampai 5 bambu batang panjat pinang dalam sehari.

"Alhamdulillah, tahun ini pesanan panjat pinang mengalami peningkatan dari tahun kemaren yang hanya 35 batang, sekarang hampir mencapai 60 batang, belum lagi pas perayaan nanti bisa bertambah lagi," terang Dodi, Senin (15/8/2022).

Menurut Dodi, satu batang panjat pinang dibanderol dengan harga paling rendah Rp 150 ribu sampai Rp 250 ribu tergantung jenis dan ukurannya.

"Kita datangkan jenis bambu surat yang mempunyai daya licin yang baik, dan berasal dari daerah pengunungan Kabupaten Majalengka," terang Dodi.

Untuk mendapatkan bambu dengan kualitas yang baik harus memilih bambu yang usianya di atas tiga tahun atau lebih.

Doni mengaku sudah berjualan hampir 12 tahun, dan setiap kali ada yang order pembuatan Panjat Pinang, Doni dibantu oleh kedua karyawannya.

"Ada berbagai macam ukuran yang biasa dipesan oleh konsumen, dari ukuran panjang 3 meter untuk anak-anak sampai ukuran 10 meter bagi orang dewasa," ujar sang pembuat panjat pinang ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES