Olahraga

Naik Podium EISCC 2022, Elang Dapat Apresiasi dari KONI Kota Tasikmalaya

Senin, 15 Agustus 2022 - 21:55 | 35.42k
Dari deretan sebelah kiri di podium Saint Thufail Al-Intizhar Hanindra dari ECC Bandung, Ardana Cikal Damarwulan dari ECC Bandung dan Rai Perkasa Kusumah dari Galunggung Climbing Club Tasikmalaya, Minggu (14/8/22) malam. (FOTO: Panji Kusumumah/TIMES
Dari deretan sebelah kiri di podium Saint Thufail Al-Intizhar Hanindra dari ECC Bandung, Ardana Cikal Damarwulan dari ECC Bandung dan Rai Perkasa Kusumah dari Galunggung Climbing Club Tasikmalaya, Minggu (14/8/22) malam. (FOTO: Panji Kusumumah/TIMES

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Atlet muda berbakat asal Kota Tasikmalaya Airlangga Rai Perkasa Kusumah (Elang) mendapat apresiasi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tasikmalaya. Apresiasi ini diberikan karena Elang naik berhasil naik podium di Event Eiger Independence Climbing Competition (EISCC)

Elang, atlet panjat tebing binaan pelatih Arif Hidayatulloh yang duduk di bangku kelas tujuh SMPN 4 Kota Tasikmalaya itu mewakili Kota Tasikmalaya telah berhasil naik podium yang menjadi kebanggaan dan impiannya.

Setelah bersaing dengan 37 pemanjat dari berbagai Kota di Jawa Barat Elang berhasil menempati posisi ketiga setelah Saint Thufail Al-Intizhar Hanindra dari ECC Bandung di posisi kedua, sedangkan posisi pertama ditempati oleh Ardana Cikal Damarwulan dari ECC Bandung yang dinilai oleh juri katagori Rulli Syamsuri.

Ketua KONI Kota Tasikmalaya H. Arip Surahman memberikan apresiasi terhadap prestasi yang telah diraih Elang, ia meminta kepada pengurus Cabang Olahraga Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Tasikmalaya untuk terus membina, apalagi Elang merupakan atlet muda yang berbakat sehingga proses pembinaan harus penyaluran bakat  harus terus dipantau.

"Luar biasa, saya sangat apresiasi terhadap kesuksesan yang telah diraih Elang, Atlet muda asal Kota Tasikmalaya bisa naik di podium dengan menyisihkan 37 atlet saingan berat yang telah memiliki jam terbang cukup lama, dan ini akan menjadi cacatan KONI untuk pembinaannya kedepan," ungkapnya kepada TIMES Indonesia di Gedung KONI Kota Tasikmalaya, Senin (15/8/2022) malam.

Sementara itu Dewan Penasehat FPTI Kota Tasikmalaya R. Diana Hidayat mengungkapkan keberhasilan Elang merupakan keberhasilan jajaran FPTI Kota Tasikmalaya yang perlu dipertahankan, Keberhasilan Elang menurutnya merupakan modal yang sangat berarti sebagai asset potensial pemanjat Kota Tasikmalaya.

"Walaupun saat ini tidak tercatat menjadi atlet yang masuk kontingen di Porprov 2022 karena usia yang masih muda, setidaknya ini akan menjadi asset Kota Tasikmalaya untuk Porprov selanjutnya," ungkapnya.

R. Diana Hidayat yang akrab disapa Ogout menyebut pencetakan atlet panjat tidak mudah dilakukan menurutnya setiap calon atlet harus memiliki karakteristik, kemampuan dan psikologis yang matang yang perlu dilatih dan diarahkan sejak dini.

EISCC-b.jpg

"Anak usia dini merupakan bibit prestasi di dalam olahraga di masa depan. Mengembangkan minat dan potensi olahraga untuk anak-anak sendiri tidak mudah karena psikologis mereka yang belum dapat diikat oleh latihan terprogram seperti orang dewasa," terangnya. 

Ogout menambahkan untuk dapat mengetahui potensi olahraga yang dimiliki oleh anak dapat memilih atau mencoba beberapa olahraga yang menarik untuk mereka tanpa ada tekanan dari siapapun salah satunya memanjat.

"Olahraga memanjat atau Climbing bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengembangkan potensi anak yang dapat membantu mengasah koordinasi tangan dan kaki, memperkuat otot, melatih fleksibilitas dan mobilitas tubuh," tandasnya.

Setelah anak tersebut telah menjatuhkan pilihannya terhadap olahraga memanjat, mereka harus diarahkan pada pembinaan terfokus tanpa melepaskan aspek psikologisnya karena pada dasarnya olahraga bagi anak-anak dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri, disiplin dan kemampuan team work di dalam dirinya.

"Menyoal tentang keberhasilan Elang di EISCC, saya berharap perlu adanya pembinaan lanjutan dari FPTI, KONI dan yang paling utama adalah dorongan dari orang tua yang akan menjadi motivator anak dalam berprestasi," pungkasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES