Indonesia Positif

Minat Baca Menurun, Pemkab Tegal Gelar Bazar Buku Murah

Senin, 15 Agustus 2022 - 21:23 | 31.47k
Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengunjungi stand bazar buku murah (Foto : Humas Pemkab Tegal For Times Indonesia)
Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengunjungi stand bazar buku murah (Foto : Humas Pemkab Tegal For Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, TEGALPemerintah Kabupaten Tegal melalui Dinas Perpustakaan menggelar kegiatan Bazar Buku Murah di Gedung Rakyat Slawi, Kabupaten Tegal.

Secara resmi, pembukaan bazar tersebut dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono.

Joko menilai bahwa minat baca masyarakat cenderung menurun karena lebih menyukai tayangan audio visual yang media bacanya hanya sebatas layar gawai pintar. Oleh karena itu, pihaknya menyambut baik pelaksanaan bazar buku murah di Kota Slawi ini sebagai daya tarik masyarakat.

“Sehingga pameran ini bisa menjadi sarana hiburan bagi keluarga ataupun anak-anak untuk mencari buku bacaan ringan dan populer, sekaligus menyegarkan dalam hal pencarian literatur atau buku referensi yang lebih lengkap untuk kepentingan studi dan lain-lain,” kata Joko, melalui pernyataan resmi Humas Pemkab Tegal kepada Times Indonesia, Senin (15/8/2022).

Penyelenggaraan bazar buku ini menurutnya, merupakan bagian dari gerakan literasi di luar lingkungan sekolah dan diharapkan mampu mengatasi kendala keterbatasan bahan bacaan digital yang penulisannya cenderung pendek atau singkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tegal Eko Jati Suntoro menginformasikan bazar buku ini digelar sejak tanggal 8-17 Agustus 2022.

“Buku di bazar ini mulai dari anak-anak hingga dewasa ada, termasuk buku-buku keagamaan, pendidikan, novel hingga komik. Untuk harganya juga sangat terjangkau, mulai dari 10 ribu. Selain itu ada pula diskonnya sampai 50 persen,” jelasnya.

Eko berharap, penyelenggaraan bazar buku ini dapat menjadi jembatan yang mendekatkan masyarakat pada akses buku-buku berkualitas.

“Semoga hadirnya bazar ini juga mampu mendorong kecintaan masyarakat kita akan buku, disamping meningkatkan minat dan budaya baca serta menyediakan bahan bacaan bagi masyarakat dengan harga murah,” pungkasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES