Peristiwa Daerah

Keren! Banyuwangi Terpilih Sebagai Tuan Rumah IFRC

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:50 | 76.49k
Technical Meeting & Workshop Hazmat Spill Response di ballroom Hotel Kokoon, Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)
Technical Meeting & Workshop Hazmat Spill Response di ballroom Hotel Kokoon, Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGIIndonesia Fire and Rescue Challenge (IFRC) kompetensi bergengsi nasional dibidang penyelamatan periode tahun ini akan digelar di Banyuwangi. IFRC ke-19 akan diadakan pada tanggal 14 hingga 22 November 2022 mendatang. Ajang ini nantinya diikuti 24 tim rescue perwakilan Perseroan Terbatas (PT) dari seluruh penjuru nusantara.

Namun sebelum hari pelaksanaan, Technical Meeting & Workshop Hazmat Spill Response diadakan selama tiga hari, dari tanggal 15 sampai 17 Agustus 2022, bertempat di Ballroom Hotel Kokoon, Banyuwangi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktorat Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batubara yang diwakili oleh Sub Koordinator Keselamatan Pertambangan Mineral/ Inspektur Tambang Ahli Madya, Dwinanto Herlambang. Ketua perhimpunan profesi penyelamat di bidang Pertambangan dan Energi Indonesia (Pertapindo), Sri Rahardjo Ketua Dewan Pengawas, Pertapindo, M. Hendrasto, Presiden Direktur PT Bumi Suksesindo, Adi Andriansyah Sjoekri beserta jajarannya selaku tuan rumah IFRC ke-19, Deputi General Manager PT. Bumi Suksesindo, Roelly Fransza, selaku ketua Panitia IFRC ke-19, Para pengurus Pertapindo, dan para juri IFRC.

Nantinya dalam acara tersebut terdapat challenge, diantaranya, Structural Fire Fighting, Cofined space rescue, High angel rescue, Hazardous material spill response, road accident rescue & mass casualty response, Firefighter competency test, water rescue, dan firefighter fitness drill.

xAdi-Andriansyah-Sjoekri.jpgx

Adi Andriansyah Sjoekri, tuan rumah IFRC ke-19 di Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

Dalam sambutannya, Adi Adriansyah Sjoekri menyampaikan, IFRC merupakan salah satu wadah bertukar informasi antar team, yang dapat digunakan sebagai ajang berbagi ilmu rescue tingkat lanjut serta teknologi dan kerja sama untuk mencegah adanya korban jiwa dan cidera dalam melakukan operasi penyelamatan.

"Salah satu tujuan IFRC adalah untuk mempromosikan dan pengoptimalan dalam pencegahan cidera, melalui edukasi dan kesiapsiagaan bagi semua team," paparnya.

Untuk diketahui, kegiatan IFRC sendiri telah dimulai sejak tahun 1995. Selama itu juga, telah dilaksanakan sebanyak 7 kompetisi, dan 18 challenge yang diwadahi oleh world of directors IFRC.

Dan pada tahun 2022 ini, Indonesian fire rescue challenge diwadahi oleh Pertapindo yang merupakan reorganisasi dari BOD IFRC dan beranggotakan personil tim tanggap darurat dan perusahaan pemegang IUP PKP2B juga kontak karya.

Sri Rahardjo, Ketua Pertapindo menjelaskan, jenis kegiatan yang akan dilombakan berdasarkan kecenderungan kecelakaan yang sering terjadi pertambangan maupun bencana alam.

"Terdapat 8 challenge yang akan dinilai oleh para juri," jelasnya.

IFRC.jpg

Para peserta tahun ini, lanjut Rahardjo, akan melakukan tantangan yang terbilang baru, yaitu kemampuan menggunakan baju hazmat.

"Maksud dari kegiatan ini untuk menjaga kekompakan tim emergency respon di pertambangan, meningkatkan kompetensi profesi melalui challenge, dan memacu agar mereka selalu siap siaga dalam pertambangan maupun resiko untuk membantu bencana alam," katanya.

Nantinya, terdapat beberapa titik yang digunakan untuk pagelaran IFRC. Salah satunya yakni, seluruh peserta akan beradu ketangkasan di lokasi tambang milik PT. Bumi Suksesindo yang merupakan anak perusahaan dari PT Merdeka Copper Gold Tbk, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Adriansyah Syukri, Presiden Direktur PT. BSI menyampaikan, pihaknya telah menyiapkan berbagai sarana untuk ajang IFRC, saat ini kesiapan telah mencapai 90 persen. Pihaknya berharap, event IFRC dapat menjadi penggerak ekonomi Banyuwangi. Sebab, selain ratusan peserta, banyak tentunya official yang akan ikut hadir. Mereka berasal dari berbagai perusahaan tambang berskala nasional.

Mendatang, kegiatan ini akan disiarkan untuk umum. Bagi masyarakat Banyuwangi yang ingin menonton aksi para jagoan keselamatan, tenang saja, IFRC akan disiarkan streaming sehingga jalannya pagelaran ini dapat ditonton secara live. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES