Pemerintahan

Kementerian PUPR RI Selesaikan Pembangunan Embung di Kawasan Ponpes Mu'allimin

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:45 | 43.61k
Ilustrasi Embung Mu'allimin di wilayah Ponpes Mua'allimin Bantul Yogyakrta(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)
Ilustrasi Embung Mu'allimin di wilayah Ponpes Mua'allimin Bantul Yogyakrta(FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai upaya meningkatkan tampungan air dan mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) telah menyelesaikan pembangunan lima embung di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), salah satunya Embung Mu'allimin.

Embung ini lokasinya berdekatan dengan Rusun Mu'allimin yang dihuni oleh 320 santri/siswa dalam satu kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Muhammadiyah Mu'allimin yang diresmikan oleh Presiden RI Jokowi pada (10/9/2021) silam.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan penyediaan sarana dan prasarana air untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan.

Embung-Muallimin-PUPR-2.jpg

“Di beberapa daerah masih terdapat masyarakat yang masih kesulitan memperoleh air bersih. Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR agar selalu berupaya menyediakan infrastruktur salah satunya melalui pembangunan embung,” kata Menteri Basuki.

Staf Ahli Menteri PUPR RI Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR RI Endra S. Atmawidjaja mengatakan, pada saat peresmian Rusun Mu'allimin, embung masih dalam tahap pekerjaan.

"Kini Embung Mu'allimin dengan volume 1.200 m3 telah selesai untuk mengairi sawah 10 ha di sekitarnya, menjadi ruang publik sekaligus mempercantik kawasan Masjid di Ponpes Mu'allimin," kata Endra.

Embung-Muallimin-PUPR-3.jpg

Embung Mu'allimin di Kabupaten Bantul dibangun dengan biaya Rp6,1 miliar dengan kapasitas tampung 1.200 m3 dan luas genangan 0,0578 ha. Manfaat utamanya adalah untuk konservasi air, pengendalian banjir dan pengairan irigasi seluas 10 ha, serta potensi destinasi wisata baru.

Embung merupakan salah satu teknik pemanenan air yang sangat sesuai di daerah yang sering mengalami kekeringan. Embung berfungsi untuk mendistribusikan dan menjamin kontinuitas ketersediaan air untuk berbagai kebutuhan masyarakat, yaitu menyimpan air pada saat musim penghujan untuk dapat dimanfaatkan pada waktu diperlukan.

Embung-Muallimin-PUPR-4.jpg

Selain itu, embung juga berfungsi untuk menngisi kembali air tanah sebagai upaya konservasi sumber daya air.

Khusni Arum salah seorang pengunjung Embung Mu'allimin dalam channel youtube nya mengatakan, embung yang dibangun Kementerian PUPR RI menyatu dengan kawasan Ponpes Mu'allimin ini, sangat bermanfaat untuk para santri dan pengunjung untuk menikmati suasana sore di sekitar masjid. "MasyaAllah luas, ada embungnya juga di sana, anak-anak ada yang duduk menikmati sore, ada yang murajaah menghafal Al-Quran, ada yang mengobrol. Area embung juga dilengkapi pos pantau di dekatnya, jadi insyaAllah aman anak-anak yang ada di sini," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES