Peristiwa Daerah

Lestarikan Tradisi, Desa Purwodadi di Kabupaten Malang Gelar Larung Sesaji

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:57 | 41.20k
Prosesi Larung Sesaji yang dilakukan di Desa Purwodadi Kabupaten Malang. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).
Prosesi Larung Sesaji yang dilakukan di Desa Purwodadi Kabupaten Malang. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, MALANG – Desa Purwodadi, Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang menggelar Larung Sesaji, Senin, (15/8/2022). Ritual ini sebagai bentuk melestarikan tradisi yang rutin digelar tiap tahun.

Larung sesaji ini sekaligus dirangkai dengan Bersih Desa dan kirab hasil bumi. Ritual tersebut disaksikan secara langsung oleh Bupati Malang Sanusi. Warga antusias dan tumpah ruah melihat ritual tersebut.

Warga maupun wisatawan menyaksikan mulai dari kirab hasil bumi yang kemudian di bawa ke Pantai Lenggoksono untuk dilarung ke tengah laut. Prosesi larung sesaji menggunakan perahu milik nelayan setempat.

Larung-Sesaji-2.jpgBupati Malang Sanusi ketika menyaksikan Prosesi Larung Sesaji yang dilakukan di Desa Purwodadi Kabupaten Malang. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

Jalannya prosesi larung sesaji Desa Purwodadi, Kabupaten Malang dijaga oleh TNI, Polri, PMI dan Siaga Bencana Masyarakat atau Sibat Desa Purwodadi.

Bupati Malang Sanusi memberikan apresiasi terhadap masyarakat Desa Purwodadi yang melakukan Larung Sesaji dalam rangka uri-uri atau melestarikan kebudayaan tradisional.

"Semoga seluruh upaya dan ikhtiar yang dilakukan melalui ritual ini dapat menjadi berkah bersama baik untuk masyarakat Desa Purwodadi pada khususnya dan Kabupaten Malang pada umumnya,” ujar Sanusi.

Nelayan.jpgProsesi Larung Sesaji menggunakan perahu yang dilakukan di Desa Purwodadi Kabupaten Malang. (Foto: Prokopim Kabupaten Malang for TIMES Indonesia)

Lebih lanjut dia mengatakan, bersih desa dan larung sesaji sejatinya menyimpan banyak pesan yang pada hakikatnya layak untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

"Salah satunya bersyukur atas segala bentuk nikmat dan pelajaran yang diberikan Tuhan yang Maha Esa. Hal tersebut,  merupakan bentuk cinta dan kasih dari Sang Pencipta kepada hambanya agar kita semua senantiasa menjadi hamba-Nya yang taat," bebernya.

Melalui tradisi Larung Sesaji di Desa Purwodadi, Kabupaten Malang tersebut dia juga berharap dapat meningkatkan daya tarik wisata dan pengembangan UMKM. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES