Peristiwa Daerah

Coklat Majapahit Juara 1 Lomba Olahan Produk Coklat InAGRO Expo & Business Forum 2022

Senin, 15 Agustus 2022 - 15:53 | 57.99k
CEO Coklat Majapahit, Agus Setiawan (3 dari kanan) saat menerima sertifikat penghargaan dalam InAGRO Expo & Business Forum 2022 di Grand City, Surabaya. (Dok. Coklat Majapahit for TIMES Indonesia)
CEO Coklat Majapahit, Agus Setiawan (3 dari kanan) saat menerima sertifikat penghargaan dalam InAGRO Expo & Business Forum 2022 di Grand City, Surabaya. (Dok. Coklat Majapahit for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Produk Coklat Majapahit dari Desa Randugenengan, Kecamatan Dlanggu, Kabupaten Mojokerto berhasil menyabet juara 1 olahan produk coklat dalam perhelatan InAGRO Expo & Business Forum 2022. Program ini diinisiasi dari Kamar Dagang & Industri (KADIN) Jawa Timur di Grand City, Surabaya, 11-14 Agustus 2022.

InAGRO Expo bertema Sinergitas Program Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Penguatan Kedaulatan Pangan & Pengembangan Produk Agro Yang Berdaya Saing.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Petani Kakao Indonesia (Apkai) Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Timur, Agus Setiawan yang merupakan CEO Coklat Majapahit membenarkan hal tersebut. Coklat Majapahit berhasil meraih juara 1 dalam InAGRO Expo & Bussiness Forum 2022.

"Kami berhasil juara pertama kemarin. Dalam penilaian kemarin itu, pertama dari segi kualitas, kualitas coklat kita sudah couverture bukan kelas compound atau imitasi. Jadi orang menyebutnya coklat premium. Kedua, kami lebih banyak ke kemasyarakatan," ungkap Agus Setiawan kepada TIMES Indonesia, Senin (15/8/2022).

Coklat-Majapahit-2.jpgCEO Coklat Majapahit, Agus Setiawan saat memaparkan visi 'PETIR' dalam lomba produk olahan coklat dalam dalam InAGRO Expo & Business Forum 2022 di Grand City, Surabaya. (Dok. Coklat Majapahit for TIMES Indonesia)

"Jadi apapun yang dilakukan korporasi ini adalah untuk kesejahteraan para petani," sambungnya.

Untuk informasi, coklat couverture merupakan campuran cocoa mass dan cocoa butter. Sementara cokelat compound adalah kombinasi dari cocoa powder dan lemak nabati.

Coklat Majapahit sudah memiliki berbagai lisensi produk. Di antaranya, Standar Nasional Indonesia (SNI), Sertifikat Halal, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), P-IRT, dan saat ini tengah dalam pengurusan Analysis and Critical Control Points (HACCP).

Coklat-Majapahit-3.jpgSertifikat yang diberikan Pusat Penelitian Kopi dan Kokoa kepada Coklat Majapahit. (Dok. Coklat Majapahit for TIMES Indonesia)

Agus menjelaskan, nama Coklat Majapahit ini terinspirasi dari Kerajaan  Majapahit yang konon pusat kekuasaannya berada di Mojokerto.

"Sesuai dengan kebesaran Kerajaan yang kita punya di Mojokerto ini. Kita pernah menjadi kerajaan yang besar, itupun menjadi cita-cita kita, Coklat Majapahit harapannya seperti kebesaran Majapahit pada waktu itu," tegas Agus.

"Hal ini juga menunjukkan bahwa Coklat Majapahit ini berada di Kota Raja Majapahit yang ada di Mojokerto," sambungnya.

Coklat Majapahit berhasil mendapatkan juara 1 usai berhasil memenangkan penilaian dalam Lomba Produk Olahan Produk Coklat dalam InAGRO Expo & Business Forum 2022 dari 12 peserta yang lain di Jawa Timur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES