Peristiwa Daerah

Kirab Bendera Merah Putih Warnai HUT ke 77 RI di Kota Blitar

Senin, 15 Agustus 2022 - 15:37 | 64.94k
Ratusan siswa MAN Kota Blitar mengirab bendera merah putih sepanjang 520 meter untuk memperingati HUT ke 77 RI sekaligus HUT MAN Kota Blitar ke 52, Senin (15/8/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
Ratusan siswa MAN Kota Blitar mengirab bendera merah putih sepanjang 520 meter untuk memperingati HUT ke 77 RI sekaligus HUT MAN Kota Blitar ke 52, Senin (15/8/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITAR – Sebanyak 380 Siswa MAN Kota Blitar mengirab bendera merah putih sepanjang 520 meter, Senin (15/8/2022). Kirab tersebut dalam rangka memperingati HUT ke 77 RI sekaligus HUT ke-52  MAN Kota Blitar.

Bendera merah putih sepanjang 520 meter itu diarak dari depan Rumah Dinas Wali Kota Blitar di Jalan Sudanco Supriyadi menuju ke Alun-alun Kota Blitar, Jalan Merdeka.

Kirab tersebut juga berbarengan dengan pembagian 1.000 bendera oleh Pemkot Blitar kepada masyarakat menjelang peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Ratusan-siswa-MAN-Kota-Blitar-2.jpgRatusan siswa MAN Kota Blitar mengirab bendera merah putih sepanjang 520 meter untuk memperingati HUT ke 77 RI sekaligus HUT MAN Kota Blitar ke 52, Senin (15/8/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

"Kegiatan Ini baru pertama kali dan bertepatan dengan HUT MAN Kota Blitar yang ke 52 makanya panjang bendera adalah 520 yang dijahit sendiri oleh siswa," urai Akhmad Mukromin kepala Sekolah MAN Kota Blitar.

Mukromin mengutarakan, Kirab Bendera itu dalam rangka menumbuhkan semangat anak untuk memiliki nasionalisme tinggi. Dengan bertepatan dengan HUT RI ke 77, kegiatam itu juga untuk menumbuhkan semangat anak bahwa ternyata perjuangan tidak mudah seperti yang dibayangkan.

"Dengan adanya pembentangan bendera anak-anak punya kesadaran tinggi terhadap nasionalisme dan patriotisme," jelasnya.

Menurut Mukromin, Pemkot Blitar sangat mendukung kirab Bendera tersebut. Nantinya kegiatan itu dijadikan sebagai kegiatan tahunan. Bahkan, kata Mukromin, Wali Kota Blitar menyarankan kegiatan kirab bendera diadakan lebih meriah pada tahun depan.

"Pak wali kota menyarankan untuk tahun depan diusahakan kalau bisa 1 km panjang bendera untuk memecahkan rekor juga," urainya.

Sementara itu, pembagian bendera kepada masyarakat diawali di depan Rumah Dinas Wali Kota Blitar, Jalan Sudanco Supriyadi, Kota Blitar.

Wali Kota Blitar, Santoso bersama pejabat Forpimda Kota Blitar secara simbolis membagikan bendera merah putih kepada para pengendara yang melintas di Jalan Sudanco Supriyadi.

Santoso mengatakan, pembagian bendera merah putih kepada masyarakat merupakan tindak lanjut instruksi Mendagri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Mendagri dan BPIP menginstruksikan pemerintah daerah agar membagikan bendera merah putih kepada masyarakat HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

"Kewajiban bagi kita adalah untuk membangkitkan semangat nasional melalui pembagian bendera. mudah-mudahan ini akan membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES