Peristiwa Daerah

Melihat Seni Kontes Ketangkasan Domba Situleutik

Minggu, 14 Agustus 2022 - 20:21 | 25.88k
Seni kontes ketangkasan Domba menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Banjar (foto: Susi/TIMES Indonesia)
Seni kontes ketangkasan Domba menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Banjar (foto: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Kota Banjar yang kini mulai menebar berbagai event sebagai kota tujuan di Jawa Barat menggelar seni ketangkasan domba yang diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah di Palayangan, Situleutik Desa Cibeureum Kecamatan Banjar Kota Banjar, Jawa Barat, Minggu (14/8/2022).

Seni ketangkasan domba ini dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota, H Nana Suryana, S.Pd, M.Pd didampingi Ketua DPRD, Kepala Dispora Provinsi Jawa Barat dan beberapa Kepala OPD lainnya juga Dandim 0613 Ciamis dan Kapolres Banjar.

Bunda Ikel, salah satu penggagas kegiatan ini menyebutkan bahwa seni ketangkasan Domba menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berdatangan ke Kota Banjar.

 "Kami menyelenggarakan acara ini sebagai bentuk dukungan kami terhadap Pemerintah Kota Banjar agar kegiatan ini dapat mendongkrak pemulihan ekonomi masyarakat," tuturnya disela kegiatannya.

Hal senada disampaikan Ketua HDKI, Ade yang menyampaikan bahwa kegiatan seni kontes ketangkasan Domba ini masih dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77.

 "Selain sebagai wahana hiburan para peternak juga bertujuan untuk mempromosikan Domba-domba dari berbagai daerah jadi lewat kegiatan ini masyarakat bisa melihat Domba yang diikut sertakan dalam seni ketangkasan," paparnya.

Ade menyebutkan bahwa dampak dari kegiatan ini dapat membantu pemulihan ekonomi masyarakat baik itu peternak maupun pelaku UMKM dan Karangtaruna.

"Kami juga melibatkan Karang Taruna setempat dalam mengelola parkir, keuangan dan yang lainnya," lanjutnya.

Seni ketangkasan Domba juga dapat mengangkat potensi wisata di Wanna Wisata Situleutik beserta potensi UMKM dalam memasarkan produknya agar lebih dikenal masyarakat luar daerah yang berdatangan ke Kota Banjar untuk menyaksikan acara ini.

Ade berharap kedepannya lebih banyak lagi dukungan yang diberikan untuk melaksanakan seni ketangkasan Domba secara rutin di Kota Banjar.

"Sebelumnya ini sempat tertunda karena pandemi Covid-19 dan PMK ya, tapi kemudian kami bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Dispora sehingga dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh Dokter Hewan terhadap hewan-hewan yang akan diikutsertakan dalam seni ketangkasan Domba," katanya.

Wakil Wali Kota disela kegiatannya menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Seni kontes ketangkasan Domba ini.

Menurutnya, kegiatan ini semakin memperpanjang daftar event yang digelar di Kota Banjar sehingga mendukung Kota Banjar sebagai Kota tujuan.

"Ini kan salah satu seni budaya dan mengarah ke pemulihan ekonomi mengingat di Kota Banjar kan sudah banyak pembudidaya ternak domba garut dan ketika ada ruang untuk kontes ketangkasan seperti ini minimal minat itu semakin tumbuh," jelasnya kepada sejumlah awak media yang mewawancarainya.

Selain itu, dampak positif bagi pembudidaya ternak ini minimal punya lahan pasar minimalbya karena terbukti domba yang dari Kota Banjar sering juara dan akhirnya banyak yang dibeli orang dari luar.

"Tidak sia-sia, ini termasuk pemulihan ekonomi juga karena banyak pendatang yang datang dan belanja dari pelaku UMKM di Kota Banjar," urainya.

Wakil Wali Kota berharap kegiatan ini rutin dilakukan kedepannya untuk menimbulkan dampak multiplayer efek dari sisi peningkatan ekonomi.

"Banjar belum punya magnet untuk menarik pendatang singgah maka dengan banyaknya event seperti ini agar bisa dikunjungi minimal setiap bulannya selalu ada event," kata Nana Suryana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES