Peristiwa Internasional

Berton-ton Ikan Sungai Oder yang Melintasi Jerman-Polandia Mati, Diduga Keracunan

Minggu, 14 Agustus 2022 - 13:12 | 29.45k
Berton-ton ikan mati telah diambil dari sungai setelah laporan pertama masalah dari nelayan dan pemancing Polandia pada awal 28 Juli. (Foto:  BBC/EPA)
Berton-ton ikan mati telah diambil dari sungai setelah laporan pertama masalah dari nelayan dan pemancing Polandia pada awal 28 Juli. (Foto: BBC/EPA)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Berton-ton ikan di sepanjang sungai Oder, yang mengalir di dua negara, Jerman dan Polandia, mati, mengambang sepanjang ratusan kilometer.

Para pejabat di dua negara itu  sedang berusaha mencari tahu penyebab kematian ikan massal ini. Ribuan ikan itu mati dan muncul di sepanjang ratusan kilometer sungai itu sejak akhir bulan lalu.

Diduga ada zat beracun masuk ke dalam air, meskipun bahan kimia yang tepat belum diketahui meski sudah dilakukan tes.

Orang-orang juga telah diberitahu untuk menghindari sungai itu, di tengah peringatan bencana lingkungan dari pemerintah Jerman.

Pihak berwenang di kedua negara itu telah dituduh oleh para aktivis, gagal bekerja sama untuk segera menanggapi bencana dan melindungi manusia.

Pada hari Jumat, seperti dilansir BBC, Perdana Menteri Polandia, Mateusz Morawiecki memecat pejabat lingkungan atas penanganan mereka terhadap insiden itu.

Dia mengatakan, bahwa masalahnya semula dianggap sebagai masalah lokal, namun kemudian terungkap bahwa insiden itu dalam skala sangat besar.

Ikan-MAti-a.jpgFoto:  BBC/EPA

"Sungai itu bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk pulih," katanya.

Morawiecki mensinyalir sejumlah besar limbah kimia dibuang di sungai melalui saluran air tanpa memperhatikan risiko bagi satwa liar.

Menteri Lingkungan Jerman, Steffi Lemke menyerukan penyelidikan komprehensif atas insiden tersebut. Ia juga mengatakan pihak berwenang sedang bekerja keras untuk mencari tahu penyebabnya.

"Sungai Oder selama ini dianggap sebagai sungai yang bersih yang menjadi rumah bagi 40 spesies ikan domestik," lapor kantor berita AFP.

Namun seorang pejabat di negara bagian Brandenburg timur Jerman mengatakan, hasil tes menunjukkan peningkatan kadar oksigen di dalam air, mengisyaratkan adanya zat asing.

"Berang-berang, burung, dan bebek juga terpengaruh," kata Katarzyna Kojzar, seorang jurnalis dari situs investigasi Polandia, OKO.press.

"Indikasi bahwa Oder telah terkontaminasi merkuri mengkhawatirkan," tambah Kojzar.

Tetapi dia mencatat masih belum ada konfirmasi tentang zat atau asalnya, atau apakah itu juga berpengaruh pada manusia. "Kami tahu ini serius, tapi kami tidak tahu apa itu," ujarnya lagi.

"Pekerjaan pengerukan di sungai bisa saja melepaskan merkuri yang tertanam," kata seorang peneliti perikanan kepada penyiar Jerman Deutsche Welle.

"Tetapi secara historis, jika tingkat air yang rendah di sungai Oder yang mengalir di dua negara Jerman dan Polandia itu dikombinasikan dengan gelombang panas berarti bahwa ikan sudah berjuang," kata Christian Wolter dari Institut Leibniz. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Widodo Irianto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES