Olahraga

Persib Bandung Terselamatkan Laws of The Game, Tundukkan PSIS 2-1

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 20:58 | 21.67k
Pemain-pemain Persib merayakan gol ke gawang PSIS. (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)
Pemain-pemain Persib merayakan gol ke gawang PSIS. (Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI)

TIMESINDONESIA, BANDUNGPersib Bandung akhirnya berhasil menundukkan PSIS Semarang 2-1, pada laga Liga 1 2022/2023, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Kota Bandung, Sabtu (13/8) petang WIB.

Dalam laga ini David da Silva dkk berhasil membawa ‘Maung Bandung’ naik peringkat ke posisi 11 klasemen sementara Liga 1 dengan mengumpulkan 4 poin.

Kontra PSIS, Persib Bandung mengubah komposisi starting line up. I Made Wirawan, Achmad Jufriyanto, Ciro Alves dan Ricky Kambuaya bermain sejak menit awal.

Di kubu PSIS Semarang, Sergio Alexandre menerapkan skema yang cenderung menunggu di area belakang. Ketika bertahan, formasi 5-2-3 dimainkan Mahesa Jenar untuk menghentikan serangan tuan rumah. Taisei Marukawa menjadi pemain yang diandalkan di lini depan untuk meneror Nick Kuipers cs.

Pertandingan berjalan sama kuat sejak peluit kick off berbunyi. Peluang baru didapat di menit 21 melalui tendangan voli David da Silva di kotak penalti. Bola bisa dihentikan kiper tapi mengakibatkan kemelut hingga membuat bek PSIS melakukan handsball.

David da Silva maju sebagai algojo dan sepakan pertama sang juru gedor bisa ditahan Wahyu Tri Nugroho. Tetapi penalti diulang karena kiper penjaga gawang bergerak lebih dulu sebelum bola ditendang dan kakinya di depan garis. Sepakan kedua kembali diambil David dan kali ini dirinya tidak menyia-nyiakan kesempatan membuka keunggulan.

PSIS yang tersentak oleh gol tuan rumah balik menekan. Taisei Marukawa pun berhasil memperdaya I Made Wirawan pada menit 31. Umpan Andreas Ado dari sisi kanan mampu dikontrol dengan sempurna dan dengan sekali kecoh, pria asal Jepang ini melepaskan sepakan kaki kiri yang akurat.

Di babak kedua, Persib melakukan dua pergantian. Dedi Kusnandar dan Febri Hariyadi diturunkan Budiman menggantikan Kakang Rudianto dan Frets Butuan. Rachmat Irianto digeser menjadi bek kanan dan Dedi mengisi pos gelandang bertahan menemani Marc Klok di pusat permainan.

David da Silva sukses kembali membawa Persib unggul pada menit 66. Skema serangan balik cepat dilancarkan melalui inisiasi Ricky Kambuaya. Manuver dilakukannya dan umpan terbososan diberikan kepada David. Dengan tenang David mengecoh penjaga gawang dan menceploskan bola ke gawang.

PSIS Semarang yang mulai menurut daya sengatnya membuat perubahan di lini depan. Andreas Ado dan Wawan Febriyanto ditarik keluar oleh Sergio Alexandre. Posisi kedua pemain ini digantikan Titus Bonai dan Rachmad Hidayat yang masih segar staminanya.

Kesempatan untuk memperlebar jarak dimiliki Maung Bandung pada menit 73. Kembali counter attack cepat dilancarkan lewat pergerakan Ciro Alves yang menari-nari di barisan pertahanan lawan. Sodoran diberikan kepada Febri Hariyadi di sisi kanan tapi arah tembakannya masih menyamping.

Sempat terjadi insiden di menit 88. Alfreanda Dewangga melepaskan lemparan ke dalam jauh dan mengarah langsung ke gawang. Bola masuk tanpa menyentuh pemain lebih dulu wasit sempat menganggapnya sebagai gol. Protes dilancarkan dan akhirnya wasit menganulir gol. SKor 2-1 bertahan dan Persib akhirnya memetik kemenangan pertama musim ini.

Wasit Totok Fitrianto menganulir gol lemparan ke dalam Dewangga karena berpedoman pada ketetapan dan rangkaian cara lemparan ke dalam termuat dalam peraturan sepak bola (Laws of The Game) dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

Dalam salah satu poin dari IFAB menyebutkan bahwa “bola dari lemparan ke dalam tidak bisa digunakan untuk mencetak gol secara langsung tanpa mengenai tubuh pemain mana pun.

Alhasil Persib Bandung terselamatkan oleh Laws of The Game dan menjadi kemenangan pertama setelah empat laga yang dilakoni pada Liga 1 musim 2022/2023. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES