Peristiwa Daerah

Bangkitkan Semangat Kemerdekaan, Hetifah Gagas Mahakam 10K 2022

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 21:22 | 26.73k
Wakil Ketua Komisi X DPRRI, Hetifah Sjaifudian Saat Bersama Ketua Panitia Siswanda H. Sumarto (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)
Wakil Ketua Komisi X DPRRI, Hetifah Sjaifudian Saat Bersama Ketua Panitia Siswanda H. Sumarto (Foto: Kusnadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SAMARINDA – Tak lama lagi sungai Mahakam akan digeber dengan event terakbar tahun ini, guna membangkitkan kunjungan wisata di Kota Samarinda pasca pandemi covid-19 melanda. Giat bertajuk Mahakam Run 10K 2022 bakal digelar perdana di Kota Samarinda.

Event yang bertujuan untuk mengeksplor keunikan dan ragam khas keunikan sungai Mahakam ini akan dilangsungkan pada 21 Agustus 2022 mendatang di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dengan mengusung tema Nature, Food, and People for Sport Tourism, Mahakam 10K akan menjadi salah satu event nasional yang bergengsi di Kaltim.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian selaku penggagas event tersebut punya alasan tersendiri memilih Sungai Mahakam sebagai lokasi event lari secara hybrid dan virtual tersebut.

Legislator asal Kaltim ini menjelaskan Sungai Mahakam menjadi representasi yang menghubungkan berbagai daerah di Kaltim. Berbagai aktivitas, mulai dari rutinitas kegiatan warga, pariwisata, kuliner, hingga olahraga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang berkunjung.

Sebagai salah satu daerah penyangga Ibukota Nusantara, Kota Samarinda diproyeksikan akan menjadi kota metropolitan rendah karbon dengan konsep sustainable, green, dan technology advanced sudah selayaknya unjuk gigi menunjukkan geliat yang seharusnya dipancarkan oleh sebuah pusat negara

“Banyak orang yang senang lari, apalagi kalau melintasi area yang memanjakan mata. Di pinggiran Sungai Mahakam, banyak spot yang menarik, salah satunya jembatan Mahakam. Nah, kami pilih event Mahakam 10K 2022 karena dengan adanya pandemi Covid-19 kemarin masyarakat sudah rindu akan aktivitas outdoor yang menyehatkan, selain tubuh menjadi bugar, masyarakat juga bisa mengenal lebih jauh tentang Sungai Mahakam,” jelas Hetifah Sjaifudian.

Hetifah menambahkan, lomba lari bertaraf nasional yang  terbuka untuk umum ini dilakukan pada momentum bulan Kemerdekaan. Bulan Agustus akan menjadi penyemangat bagi peserta lomba lari, dengan membawa pesan gelora Hari Kemerdekaan RI.

“Yuk kita sambut perayaan hari Kemerdekaan Indonesia dengan semangat berolahraga. Dengan adanya Ibukota Nusantara, sudah selayaknya masyarakat dari berbagai kalangan termasuk pelajar dan teman-teman disabilitas ikut menyemarakkan kegiatan ini. Kita tunjukkan pada dunia bahwa Kalimantan Timur siap menjadi pusat peradaban baru Indonesia,” ujar Hetifah.

Event yang diklaim terakbar sepanjang tahun 2022 ini bakal diikuti ribuan peserta dari berbagai penjuru Kaltim hingga luar Kaltim.

Ketua panitia Mahakam 10K, Siswanda H. Sumarto mengatakan pihaknya masih membuka pendaftaran peserta virtual hingga 14 Agustus 2022. Untuk hybrid atau Offline dibuka sampai 18 Agustus 2021.

Untuk pelajar pihaknya membuka lomba lari secara virtual kategori lari jarak 5K. Sedangkan untuk pendaftar umum dilakukan secara hybrid bagi kategori lari jarak 5K dan 10K.

Mahakam run 10K 2022 mengambil lokasi start dan finish di Hotel Haris Samarinda. Sementara untuk kategori lomba secara virtual diberikan kebebasan kepada setiap peserta untuk menentukan sendiri lokasinya.

“Kami mengutamakan konsep sport tourism untuk event lomba lari ini. Alasannya sederhana, Sungai Mahakam dan umumnya Kalimantan Timur punya beberapa objek wisata menarik, tapi masih banyak orang di Indonesia belum mengenalnya. Di sekitar Mahakam juga, setiap hari ada saja orang senang olahraga lari. Jadi, sangat cocok kalau pengenalan potensi wisata di Mahakam melalui penyelenggaraan lomba lari.” Kata Siswanda. 

Semua peserta harap mengisi formulir online melalui http://www.mahakam10K.com. Info lebih lanjut mengenai lomba Mahakam 10K bisa menghubungi Hady Saparudin (081233894333).

Mahakam Run 10K 2022 akan menjadi agenda olahraga tahunan agar masyarakat luas akan lebih tahu daya tarik tersembunyi di sekitar sungai Mahakam. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES