Pendidikan

Kerja Sama IKAPETE, Mbalah Aswaja UNISMA Hadirkan Cucu Pendiri NU

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 21:16 | 50.19k
Pengasuh Ponpes Putri Tebuireng Jombang KH Fahmi Amrullah Hadizq yang juga cucu pendiri NU KH Hasyim saat mengisi Mbalah Aswaja di Masjid Ainul Yaqin UNISMA. (FOTO: Humas UNISMA)
Pengasuh Ponpes Putri Tebuireng Jombang KH Fahmi Amrullah Hadizq yang juga cucu pendiri NU KH Hasyim saat mengisi Mbalah Aswaja di Masjid Ainul Yaqin UNISMA. (FOTO: Humas UNISMA)

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Malang (UNISMA) bekerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni Pesantren Tebuireng (IKAPETE) dalam menggelar Mbalah Aswaja. Pengajian yang digelar di Masjid Ainul Yaqin UNISMA, Sabtu (13/8/2022) ini menghadirkan KH Fahmi Amrullah Hadizq, cucu pendiri NU KH Hasyim Asy'ari.

Pengasuh Ponpes Putri Tebuireng Jombang ini hadir disambut oleh para alumni Tebuireng dan dosen serta karyawan UNISMA. Acara ini disiarkan secara live streaming YouTube Unisma yang diikuti oleh mahasiswa, baik luring maupun daring.

Gus Fahmi, sapaannya, mengawal pengajian Kitab At-Tibyan karya KH Hasyim Asy'ari. Ia menyampaikan salah satu poin pentingnya silaturahim yang harus diamalkan secara Istiqomah.

KH-Fahmi-Amrullah-Hadizq-2.jpg

Sebagai umat muslim, diingatkan untuk menjaga tali silaturahim. Memutus tali silaturahim merupakan perbuatan tidak baik yang tidak dianjurkan oleh agama.

Gus Fahmi juga mendoakan Unisma menjadi lembaga pendidikan tinggi yang semakin makin dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Semoga Unisma semakin berkembang dan maju," katanya.

Rektor UNISMA Prof Dr H Maskuri MSi yang juga Ketua Presidium Nasional IKAPETE menyampaikan bahwa orang hebat bisa tercipta karena silaturahmi.

"Silaturahmi memiliki kekuatan yang sangat dahsyat," ungkap Maskuri, alumni Tebuireng.

KH-Fahmi-Amrullah-Hadizq-3.jpg

Silaturahmi ada semacam magnet dimana di antara manusia ingin lebih dekat. Ia sebut sebagai Khusnul Muamalah. Orang tidak akan tiba-tiba bisa Khusnul khatimah tanpa Khusnul Muamalah.

"Ini adalah karya KH Hasyim Asy'ari, Pendiri Nahdlatul Ulama dan kita semua pengikutnya. Ada ruang di Unisma yang kita beri nama KH Hasyim Asy'ari. Ini tandanya UNISMA dekat dengan pendiri NU. Kita yakin dengan keberkahan itu," bebernya.

Sementara itu, Wakil Rektor 3 UNISMA Dr. Ir. H. Badat Muwakhid, M.P dalam sambutannya menyampaikan pihaknya memiliki kegiatan rutinan yang disebut Mbalah Aswaja.

"Pengajian bersama Gus Fahmi ini sebagai pembuka mbalah aswaja di semester ini," katanya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Pengasuh Ponpes Putri Tebuireng Jombang KH Fahmi Amrullah Hadizq yang juga cucu pendiri NU KH Hasyim Asy'ari karena di tengah kesibukannya masih menyempatkan waktu berbagi ilmu kepada para alumni dan civitas akademika UNISMA. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES