Peristiwa Daerah

Kolaborasi Industri dan Wisata, Pemkab Bantul Gelar Pameran UMKM di Pantai Goa Cemara

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 17:38 | 37.84k
Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo meninjau stand peserta UMKM. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)
Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo meninjau stand peserta UMKM. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANTUL – Mendukung pemasaran produk UMKM pasca pandemi. Sekaligus meramaikan obyek wisata di Kabupaten Bantul. Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul, menggelar pameran di pantai Goa Cemara, Sabtu (13/8/2022). Kegiatan bertajuk Bazzar UMKM Jempolan dan UMKM Award, dibuka wakil Bupati Bantul Joko Purnomo. 

Kepala Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistyana melaporkan, kegiatan dikuti 40 pelaku UMKM, dari 80 yang mendaftar dan melewati proses kurasi. Berdasarkan hasil pameran selama dua hari, akan dipilih 6 peserta terbaik. Selain mendapat penghargaan, juga akan mendapat pendampingan. 

Kegiatan ini bertujuan menciptakan ekosistim bisnis, melalui metode  menggabungkan beberapa sektor. Antara lain sektor industri kreatif dan pariwisata.

"Setiap sektor akan mendapat keuntungan dari kolaborasi ini," tegas Agus Sulistyana.

Tujuan akhir dari kegiatan ini, untuk mewujudkan program UMKM naik kelas. Sebagai salah satu syarat bagi kabupaten Bantul untuk masuk dalam jaringan kota kreatif dunia versi UNESCO.   "Kami mengusung tema besar Bantul The City Of Craft And Folk Art," imbuh Agus Sulistyana. 

Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo memberikan apresiasi terhadap kolaborasi ini. Serta berharap kolaborasi serupa terus dikembangkan dengan melibatkan semakin banyak sektor. "Sehingga pemulihan ekonomi pasca pandemi akan lebih cepat selesai. Agar kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud," ucapnya. 

Joko menilai, kolaborasi antar OPD di lingkungan Pemkab Bantul sudah tepat. Karena tugas pemulihan ekonomi pasca pandemi tidak menjadi tanggungjawab salah satu OPD saja  Namun dukungan dari sektor lain yang sudah lenih dahulu mapan sangat dibutuhkan  Keunggulan sektor pariwisata diharapkan jadi motor penggerak pemulihan ekonomi pasca pandemi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES