Peristiwa Daerah

Keren, Seniman Kota Probolinggo Manfaatkan Tembok Kosong Jadi Media Seni Visual

Sabtu, 13 Agustus 2022 - 10:14 | 69.59k
Seorang pengunjung melihat seni visual karya salah satu seniman yang dipajang di tembok kosong. (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)
Seorang pengunjung melihat seni visual karya salah satu seniman yang dipajang di tembok kosong. (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Para seniman di Kota Probolinggo yang tergabung dalam Projek Seraya, menggelar kegiatan pameran seni bertajuk International Art Exhibition, Jumat-Minggu (12-14/8/2022). Salah satu kegiatannya yakni seni visual, yang memanfaatkan tembok kosong di pinggiran jalan. 

Kegiatan ini dibuka oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, bertempat di Simposium Café, Jalan dr. Saleh Kota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Wali Kota Habib Hadi mengapresiasi pameran seni yang dikemas out door ini. “Saatnya kita bangkit (dengan) menyelenggarakan event-event seperti ini, untuk meningkatkan perekonomian yang  terpuruk karena pandemi,” kata Habib Hadi.

Media-Seni-Visual-2.jpgBeberapa karya seni visual karya seniman Kota Probolinggo dipajang di tembok kosong Jalan Brigjen Katamso. (Foto: Sri Hartini/TIMES Indonesia)

Sementara, salah satu penggagas International Art Exhibition, Zainurrozzakus Solihin atau yang akrab disapa Kentang ini mengatakan, pameran seni digelar untuk memberikan ruang pada para seniman dan juga penikmat seni di Kota Probolinggo. 

Ia menuturkan, pameran seni yang biasanya digelar di dalam ruangan, kini dilaksanakan di luar ruangan dengan memanfaatkan tembok-tembok kosong yang ada di pinggir jalan. “Jadi sudah tidak ada alasan, tidak mempunyai ruangan untuk pameran karya seni visual," ujarnya.

Dalam pembukaan itu, wali kota dan undangan yang hadir diajak berkeliling menggunakan odong-odong menuju titik-titik ruang kosong yang dijadikan sarana seni visual. Di antaranya, Jalan Mas Suharto, Jalan Brigjen Katamso Kota Probolinggo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES