Adv

Dinkes Kabupaten Pulau Taliabu Lakukan Pelayanan Kesehatan Bergerak

Jumat, 12 Agustus 2022 - 16:00 | 53.62k
Foto dokter anak dan umum saat memberikan pemeriksaan kesehatan kepada Warga Desa  Penu. (Husen Hamid / TIMES Indonesia)
Foto dokter anak dan umum saat memberikan pemeriksaan kesehatan kepada Warga Desa Penu. (Husen Hamid / TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, TALIABU – Guna meningkatkan pelayanan kesehatan ke desa-desa terpencil dan terluar, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara melakukan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) di Taliabu Timur.

Pelayanan dari PKB ini menyasar semua jenjang usia. Dalam kegiatan PKB Dinas Kesehatan menggandeng dokter spesial anak, spesial kulit dan dokter umur. Pelayanan dilakukan secara gratis juga pemberian obat gratis.

Ada tiga desa yang didatangi oleh dinas kesehatan, yakni Desa Parigi, Desa Penu, dan Desa Tubang. Kegiatan ini mendapatkan antusias warga  yang tinggi dari ketiga desa yang didatangi oleh tim PKB itu sendiri, hal ini terlihat dari tingginya partisipasi warga yang hadir.

Pelayanan-Kesehatan-2.jpg

Selain pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat, tim pkb juga memberikan peyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada masyarakat dan sekolah setempat. Untuk SMA atau SMK diberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan seks bebas.

Kepala Dinas Kesehatan Pulau Taliabu Kuraisia Marsaoly mengatakan, PKB sendiri akan dilaksanakan sampai ke tahap ke empat. Sementara yang dilakukan selama empat hari kemarin adalah tahap kedua.

“PKB yang kami laksanakan pada empat hari kemarin itu adalah tahap kedua. Dan dari hasil kemarin, kami akan kembali terjun ke desa pada tahap ke tiga dengan membawa dokter spesial penyakit dalam karena banyaknya ditemukan penyaki metabolik di warga,” Kata Kurasisia, Jumat (12/8/2022).

Pelayanan-Kesehatan-3.jpg

Kegiatan PKB diikuti oleh dua pendamping dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara dan dibantu oleh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Kecamatan Taliabu Timur. Untuk mencapai desa di Taliabu Timur, tim PKB harus menempuh jalur laut dengan perahu mesin.

Kepada TIMES Indonesia, Kurasisia mengatakan jika tahapan PKB di Taliabu Timur sudah selesai. Dinas Kesehatan akan kembali melakukan PKB di kecamatan lain, yakni Taliabu Timur Laut yang juga masuk dalam kategori desa terpencil. Tujuannya sama, yakni melakukan peningkatan pelayanan kesehatan di desa terpencil.

“Kalau di tiga desa di Taliabu Timur sudah selesai, tim akan bergerak ke Kecamatan Taliabu Timur Laut,” ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES