Peristiwa Daerah

BPBD Pacitan Imbau Warga Waspadai Tanah Longsor dan Banjir

Jumat, 12 Agustus 2022 - 13:55 | 47.54k
Tanah longsor di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)
Tanah longsor di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, Pacitan. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pacitan (BPBD Pacitan), Jawa Timur mengimbau warga untuk waspada terhadap potensi banjir dan tanah longsor

Hal itu mengingat intensitas hujan lebat disertai angin dan petir sejak Kamis (11/8/2022) kemarin sore hingga dini hari yang terjadi di sejumlah wilayah mengakibatkan tanah longsor seperti di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung. 

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko membenarkan peristiwa tanah longsor yang menimpa rumah warga di Desa Sidomulyo, pukul 20.30 WIB. 

Tanah-longsor-bn.jpgKondisi rumah warga RT 001/RW 004 Dusun Ngricik, Desa Sidomulyo rusak parah tertimpa tanah longsor. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

"Tadi malam langsung kita evakuasi, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," katanya kepada TIMES Indonesia, Jumat (12/8/2022). 

Dalam waktu bersamaan, tanah longsor terjadi di Jalur Lintas Selatan (JLS) Dusun Gayam, Desa Sidomulyo sehingga material batu dan tanah menutup sebagian akses lalu lintas. 

"Di tanjakan Gayam sudah kami pasang rambu-rambu waspada bencana tanah longsor, semoga tidak hujan kembali," terang Erwin. 

Sementara itu, curah hujan lebat juga mengakibatkan kali grindulu di Desa Kayen, Kecamatan Pacitan meluap ke jalan raya. "Setelah saluran air dibuka, banjir berangsur surut semalam," jelasnya. 

Tanah-Longsor-cebae67e677475478.jpgTanah longsor juga terjadi di JLS Dusun Gawang, Desa Sidomulyo, Kebonangung, Pacitan, Kamis (11/8/2022) malam. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

Secara umum, kondisi cuaca di Kabupaten Pacitan umumnya berawan dan hujan diprediksikan bakal terjadi siang hingga sore nanti dengan intensitas sedang hingga lebat  

Terkait perubahan cuaca singkat tersebut, BPBD Pacitan mengimbau warga untuk tetap waspada akibat potensi bencana hidrometeorologi, yakni banjir, tanah longsor dan angin kencang. 

"Jika terjadi bencana, segera mencari tempat evakuasi yang aman, jangan panik, bencana urusan bersama, salam tangguh," ujar Kepala Pelaksana BPBD Pacitan, Erwin Andriatmoko. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES