Peristiwa Internasional Piala Dunia 2022

Piala Dunia 2022 Qatar Dimajukan Sehari, Ini Alasannya

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:14 | 30.40k
Badan pengatur sepak bola mengatakan perubahan bertujuan untuk melestarikan 'tradisi lama' dari pertandingan pertama yang menampilkan tuan rumah atau juara bertahan.(FOTO: Al Jazeera/AP Photo)
Badan pengatur sepak bola mengatakan perubahan bertujuan untuk melestarikan 'tradisi lama' dari pertandingan pertama yang menampilkan tuan rumah atau juara bertahan.(FOTO: Al Jazeera/AP Photo)
FOKUS

Piala Dunia 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Badan pengatur sepak bola dunia FIFA secara resmi memajukan satu hari lebih awal Piala Dunia 2022 mendatang di Qatar.

Ini untuk memberi kesempatan negara tuan rumah bermain lebih dulu setelah upacara pembukaan pada Minggu, 20 November 2022.

Semula rencana laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar tidak menghadirkan tuan rumah. Namun dengan perubahan ini maka FIFA tetap mempertahankan tradisi tuan rumah tanding lebih dulu. 

FIFA beralasan dimajukannya laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar ini, agar tuan rumah bisa bertanding pada laga perdana sekaligus mencegah kebingungan 

Qatar akan berhadapan dengan Ekuador pada 20 November 2022 itu, sehari lebih awal dari rencana semula, sambil menanti konfirmasi dewan FIFA. 

"Perubahan ini memastikan kelangsungan tradisi lama menandai dimulainya Piala Dunia FIFA dengan upacara pembukaan pada kesempatan pertandingan pertama yang menampilkan tuan rumah atau juara bertahan," kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

Pertandingan pembukaan semula akan menjadi pertemuan antara Senegal dan Belanda pada 21 November 2022.

Setelah keputusan Kamis, pertandingan itu dipindahkan ke enam jam berikutnya, dengan mengambil tempat malam yang sebelumnya dialokasikan untuk pertandingan antara  Qatar v Ekuador.

Upacara pembukaan dan pertandingan pertama akan berlangsung di Stadion Al Bayt yang berkapasitas 60.000 kursi di Al Khor, utara ibukota Qatar, Doha.

"Piala Dunia FIFA 2022 akan dimulai dengan perayaan yang lebih besar untuk penggemar lokal dan internasional karena negara tuan rumah Qatar sekarang akan bermain melawan Ekuador pada Minggu, 20 November pukul 16.00 GMT sebagai bagian dari acara yang berdiri sendiri,” kata FIFA.

Edisi tahun ini membawa Piala Dunia ke Dunia Arab untuk pertama kalinya.

Piala Dunia 2022 juga merupakan yang pertama dalam sejarah 92 tahun turnamen yang dimainkan pada November dan Desember. Sebanyak 21 edisi sebelumnya semuanya dimainkan antara akhir Mei hingga akhir Juli.

FIFA menyelesaikan keputusan untuk bermain di musim gugur utara pada 2015 untuk menghindari panasnya musim panas di Qatar, meskipun ada tentangan dari sebagian besar badan sepak bola Eropa yang kesal karena harus menutup liga domestik mereka selama beberapa minggu puncak.

Pemegang tiket akan diberi tahu melalui email bahwa pertandingan yang relevan telah dijadwalkan ulang dan tiket mereka akan tetap berlaku terlepas dari tanggal/waktu yang baru. 

"Selain itu, FIFA akan berupaya mengatasi masalah apa pun yang timbul dari perubahan ini berdasarkan kasus per kasus,” tambah FIFA terkait penyelenggaraan Piala Dunia 2022 Qatar. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES