Peristiwa Nasional

Mendagri RI Tito Karnavian Minta Semua Pj Kepala Daerah Hindari Korupsi

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:30 | 23.55k
Menteri Dalam Negeri (Mendagri RI), Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers (foto: Dokumen/Tito Karnavian)
Menteri Dalam Negeri (Mendagri RI), Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers (foto: Dokumen/Tito Karnavian)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri RI), Tito Karnavian meminta Pj kepala daerah agar menghindari korupsi. Mereka semua mengemban amanah masyarakat dan harus dikerjakan dengan jujur.

Oleh karena itu, dia mengatakan bahwa para kepala daerah yang baru harus fokus terhadap pekerjaan mereka. Mereka tidak diperkenankan ikut andil dalam kegiatan Kampanyekan, hingga tim sukses pemenangan presiden 2024.

Tito menegaskan, para Pj kepala daerah memiliki biaya politik yang sangat sedikit. Semua administrasi keuangan mereka ditanggung oleh negara dan disarankan fokus terhadap pekerjaan utama mereka.

"Mereka tidak memiliki biaya politik untuk tim sukses segala macam, kampanye kan enggak ada, jadi kita warning jangan sampai ada korupsi," ujar Tito di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Lebih lanjut, dia juga menekankan bahwa mengganti pj kepala daerah yang berpotensi tersandung masalah lebih mudah. Hal ini jika dibandingkan dengan menggantikan kepala daerah terpilih pada pilkada, karena terjerat masalah pidana. 

Untuk itu, dia menyampaikan agar hendaknya para pj memanfaatkan posisinya itu dengan berbuat baik. Menurutnya, perbuatan korupsi merupakan yang paling hina dalam sebuah pemerintahan, karena menghianati kepercayaan masyarakat.

"Inilah waktunya untuk berbuat baik dan memperbaiki sistem ya, karena enggak ada, sekali lagi bukan kader parpol, sehingga enggak ada beban politik dan tidak memiliki biaya politik untuk menjadi Pj. Jadi, jangan macam-macam," pungkas Mendagri RI, Tito Karnavian. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES