Gaya Hidup

Merasa Sudah Dewasa? Yuk Kenali Tandanya dari Pola Pikir dan Mental

Jumat, 12 Agustus 2022 - 05:19 | 108.06k
Ilustrasi seseorang yang senang karena menginjak dewasa. (FOTO: Freepik.com)
Ilustrasi seseorang yang senang karena menginjak dewasa. (FOTO: Freepik.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kata dewasa acapkali disandingkan dengan orang-orang yang sudah berumur 20 tahun lebih. Padahal, belum tentu orang yang sudah ‘berumur’ dapat dikatakan dewasa.

Dewasa tidak berpatokan dengan umur, tetapi tentang bagaimana seseorang menghadapi dan menyelesaikan masalah serta bagaimana caranya untuk mengambil keputusan.

Tidak semua orang memiliki kedewasaan terutama secara emosional untuk dapat menghadapi segala hal yang terjadi dalam hidup. Berikut beberapa hal yang menjadi tanda bahwa Anda sudah menjadi orang dewasa:

1. Punya kendali atas diri sendiri

Orang yang beranjak dewasa akan memulai kehidupannya dengan kedisiplinan. Ia tahu kapan saatnya memulai dan berhenti. Secara emosional, seseorang yang mulai dapat mengendalikan diri sendiri akan tidak mudah terbawa suasana yang terkadang cukup emosional.

2. Melihat permasalahan dari perspektif lain

Orang dewasa akan melihat dan bersikap terbuka dengan berbagai hal yang terjadi. Ia akan mencoba memahami dan melihat dari perspektif baru yang berbeda. Seseorang yang mulai dewasa juga akan mencoba memposisikan diri serta memahami bagaimana rasanya ketika berada di posisi orang lain.

3. Dapat membedakan yang baik dan buruk

Bijak memilih dan membedakan mana hal yang cocok dan tidak untuk dirinya sendiri juga merupakan salah satu pertanda seseorang beranjak dewasa. Ketika seseorang sudah dapat memilah mana yang baik dan buruk, berarti orang tersebut sudah mempunyai pendirian serta prinsip.

4. Mampu bertanggungjawab

Seseorang seringkali dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Orang dewasa akan berusaha untuk menerima dan bertanggungjawab atas apa yang ia lakukan. Ia akan jujur dan mengakui kesalahan serta berusaha untuk mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, bukan malah mengkambinghitamkan orang lain.

5. Pandai menempatkan diri di manapun

Alih-alih memaksakan semua orang harus setuju dengan satu pendapat saja, orang dewasa akan sadar bahwa tidak semuanya dapat dipaksakan dengan harus setuju dengan pendapat tersebut. Seseorang akan paham tentang bagaimana cara berpikir serta bertindak. 

Menjadi tua itu pasti. Setiap insan manusia pasti akan menjadi tua. Akan tetapi, tidak semua orang yang tua bisa menjadi dewasa. Pada hakikatnya, menjadi dewasa berarti berani untuk menghadapi dunia kehidupan yang semakin rumit dan menantang. Jadi, apakah Anda sudah benar-benar dewasa? (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES