Kopi TIMES

Pendampingan UKM dan Kolaborasi Kegiatan Inisiasi Eduwisata Bersama Kampus UMM

Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:09 | 34.34k
Pendampingan UKM dan Kolaborasi Kegiatan Inisiasi Eduwisata Bersama Kampus UMM
Pendampingan Pelatihan Self Declare Produk UKM dan Kolaborasi Kegiatan Inisiasi Eduwisata Bersama Kampus UMM.

TIMESINDONESIA, MALANG – Pelaku industri pangan di Indonesia, masih banyak yang belum memenuhi persyaratan pemenuhan aspek higiene sanitasi dan halal. Pemenuhan terhadap halal pun masih sangat kecil, menurut Kementerian Keuangan (2021) baru sekitar 1% dari total UMKM yang sudah memiiki sertifikat halal, sementara jaminan produk halal melalui sertifikasi halal sudah menjadi kewajiban pemberlakuannya di Indonesia per 2024.

Pasuruan menjadi kota yang mendukung program jaminan produk halal UU 33/2014, dengan pemberlakuan self declare bagi para UKM, dengan pembinaan lembaga Halal Center PT.

Dalam rangka pengembangan potensi wilayah daerah Pasuruan, maka perlu dilakukan terobosan terhadap perbaikan mutu produk olahan pangan para UKM, baik yang terwadahi dalam koperasi maupun binaan Perguruan Tinggi. Apalagi Kabupaten Pasuruan termasuk merupakan wilayah yang cukup banyak dikenal sebagai tujuan wisatanya, diantaranya Masjid Merah di Pandaan,Purwosari, area wisata alam di Prigen, pantai Lekok Bangil, petik mangga dan kebun bunga mawar, sedap malam di Bangil Pasuruan.  

Produk teknologi termasuk pangan dari hasil penelitian perlu langkah kontinyu hilirisasi untuk masyarakat. Hilirisasiberhubungan dengan pemenuhan kebutuhan hidup, solusi permasalahan pangan-gizi penduduk di masa pandemi covid ini, serta peningkatan kesehatan-kesejahteraan petani dan masyarakat pekerja kreatif.

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki satu hasil penelitian berkesinambungan berupa minuman kesehatan yang berasal dari pengembangan bunga mawar lokal. Obyek penelitian ini adalah pendampingan self declare sertifikasi Halal Mitra UKM, dan inisasi produk minuman sehat (tinggi antioksidan) menjadi ikon daerah. Minuman dari ekstrak pigmen bunga mawar telah dikembangkan di bawah Prodi Teknologi Pangan, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), pengembangan dengan penambahan berbagai bahan lain untuk optimasi, dan juga diseminasi hasil penelitian kepada masyarakat. Diseminasi hasil pengolahan mawar lokal ini, berkonsep minuman sehat tinggi antioksidan.

Minuman ini selaras dengan kebutuhan masyarakat akan sistem imun di tengah pandemik dan sesuai dengan kandungan kimia yang ada di dalamnya. Bunga mawar mengandung pigmen alami berupa antosianin yang memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi dibanding vitamin C. Bunga mawar juga mengandung zink (mineral) yang membantu penyerapan beberapa kandungan gizi di dalam tubuh (Saati et al., 2012, 2016).

Dari analisis situasi di atas serta hasil survei dan musyawarah serta diskusi dengan kedua mitra, selanjutnya secara spesifik dilakukan identifikasi dan penentuan skala prioritas beberapa permasalahan terkait implemetnasi UU 33/2014 Jaminan produk halal, khususnya self declare para UKM serta upaya inisiasi potensi produk unggulan daerah, sebagi upaya meningkatkan hasil dan pemanfaatan/pengolahan bunga mawar, permasalahan yang akan dipecahkan tersebut adalah :

1.    Pemahaman para Mitra UKM terhadap pentingnya Sertifikasi Halal, melalu self declare. Sejak terbitnya UU 33/2014, terkait Jaminan produk Halal, masih banyak para UKM bemum mengetahui dan memahaminya. Sehingga wajar jumlah UKM yang mempunyai produk terseritifkasi Halal masihlah sangat sedikit. Diperlukan kegiatan pelatihan/penyuluhan pemahaman tentang pendampingan self declare (KeMenag RI dan LPH KHT PP Muhammadiyah) dan SJPH (sistem jaminan produk halal) terhadap para UKM binaan Koperasi /Alisa Khadijah ICMI Jawa Timur dan PT/Halal center UMM.

2.    Produktivitas  Mutu Produk (makmin) selama pandemi, baik UKM, serta 

3. Memberikan pemahaman tentang pentingnya menyiapkan ketahanan pangan keluarga baik pagi para petani maupun keluarga non petani, mengingat Indonesia ini diberi Alloh SWT bumi yang subur,  mempunyai kekayaan alam yang beragam, kaya kandungan gizi dan senyawa yang bermanfaat seperti antioksidan dan lain-lainnya. 

Merupakan upaya meningkatkan kecintaan terhadap kekayaaan hayati lokal daerahnya masing-masing yang masih belum banyak digali secara optimal. Mengenalkan produk temuan dosen UMM, sebagai bentuk Hilirisasi peneltian, yaitu produk minuman sehat berantioksidan, dari olahan unga mawar lokal tabur asal daeah Pasuruan. Bentuk pemanfaatan karya/temuan Dosen yang menjadi bagian indikator IKU Universitas/perguruan tinggi. Diberi nama produk minuman ELVIZA, hasil temuan/paten Bu Elfi Anis Saati (Granted Paten No IDP000071786 25 Sept 2020), yang mengandung antioksidan dari pigmen antosianin, vitanimn C, minyak atsiri, Zink bunga mawar lokal. Berharap akan menjadi inspirasi yang memotivasi para UKM dari putra daerah yang sama (Pasuruan), sehingga mempunyai branding- produk unggulan daerhanya masing-masing (Prigen, Purwosari, Bangil, Sukorejo dll. Di wilayah Kab, Pasuruan).

Pada hari minggu, 7 Agustus 2022 tim pengabdi UMM (Ketua: Prof Dr.Ir. Elfi Anis Saati, MP., dan Anggota : 1) Ruli Inayah Ramadhoan,S.Sos, MSi,  2) Afifah Husna, STP, MSc) telah memberikan penyuluhan, pendampingan self declare Halal kepada sekitar 27 UKM dan kunjungan area wisata di tiga lokasi (Wisata kolam, terapi ikan plus mina padi, sayuran organik dengan kencing kelinci/kambing plus Cafe serta kampung herbal) di Desa Sukolilo Kecamatan Prigen Pasuruan.

Para peserta kegiatan sangat antusias, memuat pameran produk dan berkeinginan dilanjutkan dengan kegiatan MBKM (merdeka belajar, kampus merdeka) yang dapat melibatkan peran KKN, Magang/PKL Mahasiswa bertema Permbuatan marterplan eduwisata dan kolaborasi implementasinya, serta sosialisasi pemasaran produk UKM, IT-digitalisasi UKM dan potensi wisata di wilayah Prigen tersebut.

Pada Hari Senin, 8 Agustus 2022 tim pengabdi UMM kembali memberikan penyuluhan, pendampingan self declare Halal kepada sekitar 25 UKM dan kunjungan ke area batik organik, yang dibina oleh KUBA (Komunitas UKM Purwosari), yang diketuai oleh Saadah Heru.

Sama seperti hari pertama, para peserta kegiatan sangat antusias, bahkan dihadiri oleh Kasun Donorejo, pejabat Penyuluh Pertanian dan Dinas Pertanian Kecamatan Purwosari. Para UKM juga  membawa produk-produknya antara lain bawang goreng, keripik/tempe, minuman beras kencur, kunyit, kopi-rempah, minuman dari beragam bunga (bunga edelways,bugenvil, telang). Mempunyai potensi wisata dan berkeinginan dilanjutkan dengan kegiatan MBKM (merdeka belajar, kampus merdeka) yang dapat melibatkan peran KKN, Magang Mahasiswa bertema Pembuatan marketplace pemasaran produk UKM, IT-digitalisasi UKM di wilayah tersebut.

Tim pengabdi UMM mempunyai target dalam kegiatan ini, yaitu pelaku UKM di Kabupaten Pasuruan memahami pentingnya sertifikasi halal (self declare), perizinan produk guna mendukung Propinsi Jawa Timur masuk 10 besar tujuan pariwisata halal Indonesia. Juga untuk menanamkan jiwa cinta produk dalam negri, menggali potensi kekayaan alam negri agar dijaga dengan mengolahnya menjadi pangan (makanan-minuman) sehat, olahan yang beragam dan produk yang uggul merintis Desa Cerdas, mendukung Ketahanan pangan keluarga dan daerah. Jika penduduknya memahami pentingnya menjaga kekayaan tanaman/sumberdaya alam yang banyak ini, maka diharapkan tercipta semangat bersama-sama membangun masyarakat yang sehat, adil dan sejahtera. 

*) Oleh ; Prof Dr.Ir. Elfi Anis Saati, MP.

**) Dapatkan update informasi pilihan setiap hari dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Caranya, klik link ini dan join. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di HP.



Publisher : Rizal Dani

EKORAN

TERBARU

  • Berkabung Tragedi Stadion Kanjuruhan, Gubernur Khofifah Batalkan Pesta Rakyat HUT Jatim
    Berkabung Tragedi Stadion Kanjuruhan, Gubernur Khofifah Batalkan Pesta Rakyat HUT Jatim
    06/10/2022 - 23:44
  • Gelar Gathering, KPU Magetan Ajak Media Menulis Berita Positif
    Gelar Gathering, KPU Magetan Ajak Media Menulis Berita Positif
    06/10/2022 - 23:10
  • World Congress ke-28, Emil Dardak Resmi Jadi Presiden EAROPH 2022-2024
    World Congress ke-28, Emil Dardak Resmi Jadi Presiden EAROPH 2022-2024
    06/10/2022 - 22:42
  • Kapolri Sebut Ada 11 Tembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan
    Kapolri Sebut Ada 11 Tembakan Gas Air Mata di Stadion Kanjuruhan
    06/10/2022 - 22:33
  • Tim Putri Garuda Baru Siap Harumkan Indonesia di Ajang SCWC Doha
    Tim Putri Garuda Baru Siap Harumkan Indonesia di Ajang SCWC Doha
    06/10/2022 - 22:25

TIMES TV

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

Jelajah Kopi Nusantara: Kopi Taji Dulu Kini dan Nanti

11/08/2022 - 17:08

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022

Aremania Jemput Juara Piala Presiden 2022
Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud

Mengenang Sejarah Nabi di Jabal Uhud
Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi

Friendly Match PSIS vs Arema FC, Suporter Nyanyi ke Stadion Lagi
Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

Petugas Haji Gelar Gladi Posko, Siap Sambut JCH Indonesia

iGuides

  • Tawarkan Konsep Baru, Saygon Hotel and Cottage Terekomendasi Iguides 5 Star
    20/03/2022 - 18:00
  • Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    Skipjack, Kuliner Seafood Murah Rasa Bintang Lima, iGuides Recommended!
    28/01/2022 - 10:38
  • Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    Miliki Kolam Ombak Ikonik, Saygon Waterpark Iguides Recommended
    07/12/2021 - 20:06
  • De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    De Potrek Bromo, Cafe Viral Terekomendasi 5 Star iGuides
    19/07/2020 - 16:35
  • Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    Hadir Bernuansa Modern, Bendega Restaurant Bali Terekomendasi 5 Star iGuides
    12/10/2019 - 11:05

KOPI TIMES

  • Sepak Bola dan Problem Kemanusiaan
    Sepak Bola dan Problem Kemanusiaan
    06/10/2022 - 15:12
  • Sosial Budaya Dalam Beragama
    Sosial Budaya Dalam Beragama
    06/10/2022 - 11:14
  • Menatap Masa Depan Sepakbola Indonesia
    Menatap Masa Depan Sepakbola Indonesia
    06/10/2022 - 10:00
  • Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    Duka Petruk Sebelum Menjadi Raja
    05/10/2022 - 15:05
  • Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    Stop Tragedi Kemanusiaan Atas Nama Sepak Bola
    04/10/2022 - 14:26
  • Nasihat Seorang Ibu:
    Nasihat Seorang Ibu: "Jangan Nonton Sepak Bola Nak...."
    04/10/2022 - 13:33
  • Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    Nyawa Lebih Berharga Dari Pada Sepak Bola
    04/10/2022 - 12:55
  • Tragedy Kanjuruhan Malang
    Tragedy Kanjuruhan Malang
    04/10/2022 - 11:14

KULINER

  • Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    Apang Pella, Kue Khas Bugis Mulai Menjamur di Kota Tasikmalaya
    05/10/2022 - 00:20
  • Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    Hangatkan Tubuh dengan Peuyeum Bandung, Yuk Rasakan Nikmatnya
    30/09/2022 - 06:04
  • Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    Menyicip Kuliner Nasi Ayam Kungpao dan Nasi Ayam Rempah ala Depot 2 Legenda
    29/09/2022 - 04:38
  • 6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    6 Jajanan Berbahan Aci yang Enak di Bandung
    29/09/2022 - 02:21
  • Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    Ulen Juara, Jajanan Tradisional Rasa Kekinian
    26/09/2022 - 16:32