Glutera News

6 Rahasia Tetap Sehat dan Bugar di Usia 30

Rabu, 10 Agustus 2022 - 17:37 | 52.16k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang baik dan rutin olahraga, bukanlah “tren” yang diperuntukkan khusus untuk kaum muda milenial saja. Pasalnya, tubuh tetap memerlukan perlakuan istimewa ini bahkan jika usia Anda sudah genap menginjak 30-an sekalipun. 

Tenang, tidak ada kata terlambat untuk mulai hidup sehat. Yuk, mulai hidup sehat demi mencapai tubuh yang bugar di usia 30!

Ada banyak perubahan tubuh di usia 30-an 

Semakin bertambah usia Anda, semakin banyak penurunan fungsi tubuh yang Anda rasakan. Salah satunya adalah penurunan metabolisme. Hal ini membuat tubuh Anda cenderung lebih cepat mengalami kenaikan berat badan yang berujung pada kelebihan berat badan. Tak heran, berbagai penyakit mulai Anda rasakan gejalanya di usia 30-an ini.

Tak hanya itu, fungsi tulang dan massa otot juga ikut menyusut — walaupun mungkin belum terlalu terlihat. Jika tubuh tidak bugar, bukannya tidak mungkin Anda akan lebih gampang capek dan sedikit-sedikit pegal linu ketika melakukan berbagai aktivitas di usia ini.
Selain itu, penurunan kadar kolagen juga mulai terjadi di usia 30-an. 

Hal ini membuat kulit Anda terlihat mulai keriput dan mulai terbentuk kerutan di wajah. Ini bisa terjadi karena sel kulit baru tidak cepat terbentuk seperti saat usia Anda masih muda.

Namun jangan khawatir, penurunan fungsi tubuh ini bisa diperlambat jika Anda tetap menjaga kebugaran tubuh Anda.

Pentingnya menjaga tubuh tetap bugar di usia 30-an 

Menerapkan pola hidup sehat dan mempunyai tubuh yang bugar dapat memperlambat efek penuaan pada tubuh Anda. Kebugaran dapat meningkatkan status kesehatan Anda serta menurunkan risiko sejumlah penyakit, seperti diabetes tipe 2, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Kebugaran bisa dijaga dengan cara melakukan olahraga teratur dan mengonsumsi makanan sehat. Olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot dan tulang, sehingga risiko Anda mengalami kehilangan massa otot dan tulang keropos di usia tua bisa menurun. 

Mempunyai tubuh yang bugar juga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda, mengurangi tingkat stres, dan meningkatkan kesehatan mental.

Jadi, kebugaran tubuh tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Kesehatan mental bisa tercapai jika tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Bekum terlambat untuk memulai hidup sehat di usia 30-an 

Bagi Anda yang sebelumnya tidak menerapkan hidup sehat, belum terlambat bagi Anda untuk memulai hidup sehat di usia yang sudah menginjak 30 tahun. Justru, memulai hidup sehat di usia ini dapat membantu Anda menjaga kebugaran tubuh dan mencegah Anda dari berbagai penyakit.

Motivasi adalah kuncinya! Mulailah secara perlahan. Memang, membentuk kebiasaan baru dalam hidup Anda mungkin membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Yang penting adalah Anda konsisten menjalankannya.

Berbagai cara awet muda yang mudah dilakukan. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan agar tetap terlihat awet muda, di antaranya:

1.    Asupan nutrisi yang lengkap

Langkah utama dan paling mudah agar tetap awet muda adalah menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. 
Tak hanya mengandung banyak nutrisi, seperti serat, vitamin, dan mineral, juga kaya akan antioksidan yang mampu menangkal efek radikal bebas penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Bisa dimulai dengan konsumsi glutera nox pagi hari sebelum aktivitas, kemudian glutera col pada siang hari setelah makan siang atau setelah aktifitas. Untuk malamnya konsumsi glutera gsh, 1-2 jam sebelum tidur.

Nutrisi dalam produk glutera sangatlah lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, terutama bagi mereka berusia diatas 30 tahun. Karena metabolisme dan kandungan dalam tubuh sudah menurun hingga 25% - 50%.

2.    Cukupi waktu istirahat

Cara selanjutnya agar awet muda adalah dengan mencukupi waktu tidur setidaknya 7–9 jam setiap hari. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga kulit senantiasa sehat dan tidak cepat mengalami penuaan.

Dengan tidur yang cukup, jaringan tubuh dan kulit akan mengalami regenerasi dengan lebih baik sehingga kulit bisa tetap kencang dan segar.

Tidur dengan posisi telentang juga diketahui baik untuk menjaga kulit wajah daripada posisi telungkup yang bisa menyebabkan kulit cepat keriput karena bergesekan dengan bantal.

3.    Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 3 liter untuk berat badan 100 kg atau 1,5 litera untuk berat badan 50 kg, untuk setiap harinya. Kebiasaan baik ini bisa membuat kulit senantiasa lembap dan bercahaya serta terhindar dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut.

Selain itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk melancarkan fungsi pencernaan, sirkulasi darah, dan fungsi ginjal dalam membuang racun.

4.    Kurangi stres

Saat merasa tertekan dan stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat memicu kerusakan sel-sel tubuh. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini. Selain itu, stres juga bisa membuat Anda susah tidur atau kurang menjaga pola makan, sehingga dapat memicu penuaan.

Oleh karena itu, Anda perlu mengurangi stres agar tetap awet muda dan sehat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, misalnya dengan relaksasi, melakukan kegiatan yang disukai, atau mendengarkan musik favorit.

5.    Komtol makanan berlemak

Makanan yang harus dihindari bagi wanita yang berumur 30 tahun an, makanan yang mengandung banyak lemak apalagi lemak jenuh. Makanan dengan lemak jenuh yang tinggi bisa menyebabkan kolestrol jahat di dalam tubuh. Selain kolestrol yang tinggi, kadar gula di dalam tubuh juga akan bertambah sehingga penderita diabetes sangat di anjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

6.    Olahraga secara rutin

Seiring pertambahan usia, kulit akan mulai mengendur karena produksi kolagen menurun dan massa otot berkurang. Proses penuaan bahkan akan berjalan lebih cepat bila Anda kurang aktif bergerak.
Berolahraga secara rutin dapat membangun jaringan otot dan mencegah kulit menjadi kendur. Olahraga juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, terutama kesehatan jantung, otak, dan tulang.

Dengan demikian, Anda pun dapat terhindar dari beragam penyakit akibat penuaan, seperti penyakit jantung, osteoporosis, dan demensia.

Sudah bukan rahasia lagi, olahraga punya banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari menjaga kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, hingga mencegah berbagai penyakit. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES