Peristiwa Internasional

Steven Seagal Kunjungi Donbas untuk 'Mengubah Persepsi' Tentang Perang Ukraina

Rabu, 10 Agustus 2022 - 22:57 | 38.54k
Steven Seagal saat mengunjungi wilayah Ukraina Timur ditengah perang Rusia-Ukraina.(FOTO: The Moscow Times)
Steven Seagal saat mengunjungi wilayah Ukraina Timur ditengah perang Rusia-Ukraina.(FOTO: The Moscow Times)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aktor Hollywood, yang menjadi pendukung vokal Kremlin, Steven Seagal, mengunjungi Ukraina timur untuk membuat film dokumenter yang bertujuan "mengubah persepsi" perang di sana.

Pemimpin Republik Rakyat Donetsk (DNR) yang memproklamirkan diri, Denis Pushilin  mengumumkan hal itu Selasa. “Steven mengatakan bahwa 98% orang yang membicarakan konflik di media belum pernah ke sini (ke Donbas]. Itu sebabnya dunia tidak tahu yang sebenarnya. Dia ingin mengubah persepsi perang ini,” tulis Denis Pushilin di saluran Telegramnya di bawah foto bersama Seagal. 

Dalam  kunjungan yang dipublikasikan secara luas itu, seperti dilansir di The Moscow Times, Seagal yang diberikan kewarganegaraan Rusia pada 2016 itu mengunjungi lokasi serangan Juli di penjara Olenivka yang menyebabkan sedikitnya 50 tahanan perang Ukraina meninggal dunia.

Pembawa acara televisi pro-Rusia, Vladimir Solovyov mengatakan, Seagal secara pribadi memeriksa bukti, termasuk potongan-potongan roket Amerika, yang mengkonfirmasi kaitan Kyiv dengan pembunuhan massal tentara mereka sendiri. 

Kyiv dan Moskow saling menyalahkan atas serangan penjara Olenivka, dengan Ukraina menuduh Rusia menargetkan penjara Olenivka untuk menutupi penyiksaan dan eksekusi tahanan perang Ukraina, banyak di antaranya telah menyerah setelah pertahanan Mariupol.

Komite Palang Merah Internasional, yang telah mengawasi keamanan tawanan perang di Olenivka, masih belum diberikan akses ke situs tersebut.

PBB telah mengatakan akan meluncurkan misi pencarian fakta di penjara tetapi Rusia dan Ukraina harus menyetujuinya terlebih dahulu.

"Seagal juga bertemu dengan tawanan perang Ukraina, termasuk prajurit dari Batalyon Azov yang menyerah di pabrik baja Azovstal Mariupol," kata Solovyov.

“Dia (Seagal) berbicara dengan anggota kelompok bersenjata Ukraina dan mengajukan pertanyaan yang tidak nyaman kepada mereka,” kata Solovyov lagi.

Pada hari yang sama, delegasi resmi Rusia yang dipimpin oleh wakil Duma Negara, Leonid Slutsky juga mengunjungi lokasi serangan Olenivka. 

Dalam kunjungannya, Slutsky didampingi oleh wartawan asing dan pakar internasional yang diberi kesempatan untuk berbicara dengan para saksi. "Termasuk para penyintas serangan roket,” kata Slutsky di Telegram-nya. 

Tim pakar internasional yang mendampingi Slutsky kabarnya terdiri dari perwakilan Prancis, Italia, Jerman, Serbia, Nikaragua, dan Korea Utara. 

“Ini adalah misi yang cukup representatif. Kami berharap kesimpulan objektif mereka akan membantu dunia melihat kemunafikan, kebohongan, dan kejahatan pemerintah Ukrofasis di Kyiv,” kata Slutsky. 

Aktor Hollywood, yang menjadi pendukung vokal Kremlin, Steven Seagal, juga mengunjungi Ukraina timur untuk membuat film dokumenter yang bertujuan "mengubah persepsi" perang di sana.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES