Politik Bursa Capres 2024

PSI Tegaskan tidak Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Rabu, 10 Agustus 2022 - 15:22 | 76.68k
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Facebook Anies Baswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (FOTO: Facebook Anies Baswedan)
FOKUS

Bursa Capres 2024

TIMESINDONESIA, JAKARTAPartai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan tak akan mendukung Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti. Hal itu meskipun ada beberapa kader yang berpaling ke gubernur DKI Jakarta tersebut.

Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni mengaku, partainya tak mempermaslahkan jika ada kadernya yang mendukung Anies Baswedan.

"Jadi bagi kawan- kawan yang memang melihat kandidat lain, berbeda dengan pilihan politik, tidak ada masalah. Ada seleksi alam. Bagi yang tidak satu pandangan, saya kira akan mundur dengan sendirinya," kata Antoni di Kantor KPU RI, Rabu (10/8/2022).

Diketahui, kader PSI Surya Tjandra baru-baru ini blak-blakan mengungkapkan bahwa dirinya mendukung Anies Baswedan. Ia pun menyatakan siap membantu Anies jika nantinya maju di kontestasi nasional.

Selain itu, sebelumnya juga ada Sunny Tanuwidjaja yang telah mundur dari jabatannya sebagai Sekretaris Dewan Pembina PSI. Ia diduga berkaitan dengan sikap politiknya yang mendukung Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 nanti.

Dinilai Sosok Intoleran

Sementara itu, belum lama ini, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie menyebut partainya membebaskan pilihan politik para kader. Tapi untuk PSI tetap tak akan mendukung mantan Rektor Universitas Paramadina itu.

Alasannya, ia menilai, Anies Baswedan adalah sosok yang intoleran. "Sudah sangat jelas bahwa PSI tidak akan mendukung Mas Anies di Pilpres 2024. Kami memeluk teguh prinsip anti intoleransi dan anti-korupsi," katanya dalam keterangan resminya.

"Maka, tak mungkin kami mendukung kandidat yang bermasalah dalam dua atau salah satu prinsip tersebut,” jelas Grace Natalie lagi.

Grace Natalie mengatakan, politik bukan sekadar soal menang dan meraih kekuasaan. Politik, pertama-tama, menyangkut perjuangan atas prinsip. "Prinsip harus ditegakkan dengan sebaik-baiknya. PSI menolak untuk bersikap pragmatis dan oportunis,” ujarnya soal Anies Baswedan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES