Peristiwa Daerah

Tahun Ini Bondowoso Kembali Dapat Program Jatim Puspa, Berikut Jumlahnya

Rabu, 10 Agustus 2022 - 12:48 | 28.72k
Sosialisasi bantuan program Jatim Puspa di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Sosialisasi bantuan program Jatim Puspa di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam rangka meningkatkan usaha untuk kaum perempuan. Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) memberikan bantuan usaha Pemberdayaan Usaha Perempuan (Jatim Puspa). Salah satu penerimanya di Kabupaten Bondowoso. 

Adapun keluarga penerima manfaat (KPM) para perempuan memiliki usaha, tersebar di berbagai kecamatan yang ada. Tim pendamping Jatim Puspa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat sudah melakukan sosialisasi.

Kepala DPMD Bondowoso, Haeriyah Yulianti mengatakan, terdapat 222 peneriman pada tahun ini. Yakni peserta graduasi dari KPM PKH.  Menurutnya, dipastikan tidak ada tumpang tindih bantuan. Sebab data KPM ditentukan langsung oleh Pemprov. 

"Sudah pasti tidak ada tumpang tindih. Karena dia dipastikan sudah tidak mendapat bantuan PKH," paparnya.

Adapun besaran kata dia, menyesuaikan dengan jenis usaha yang sedang dijalani atau akan dikelola oleh yang bersangkutan. 

Sementara bantuan yang diterima, adalah uang tunai. Bantuan tersebut harus dibelanjakan untuk membeli barang yang sesuai dengan usaha yang sedang dijalani.

Sekretaris Daerah Bondowoso, Bambang Soekwanto berharap, program ini juga dapat disinergikan dengan OPD lain yang berkaitan. Sehingga bantuan murni digunakan untuk modal, dan peralatan berasal dari dinas lain. 

Selain hal tersebut, dirinya juga mewanti-wanti kepada pendamping, untuk tidak melakukan pemotongan atau menerima setoran dari para penerima bantuan. "Tidak ada alasan apapun untuk memberikan sumbangan," katanya.

Asisten II Pemkab Bondowoso, Abdur Rahman menjelaskan, program Jatim Puspa diperuntukan bagi kepala rumah tangga perempuan, tentunya mereka yang memiliki usaha. 

Menurutnya, tujuan dari program ini adalah untuk memberikan modal usaha bagi mereka. Nanti dikelola oleh mereka. Agar mereka bisa mandiri, bisa berusaha. "Sehingga secara ekonomi mereka bisa mandiri," imbuh dia.

Ia menyebut, bantuan Jatim Puspa yang diterima mencapai Rp 2,5 juta. Nanti disalurkan rekening milik desa, kemudian dicairkan dan dibagikan langsung kepada yang bersangkutan. Dalam membeli kebutuhan usaha, harus disertai kwitansi pembelian.

"Akan didampingi oleh pendamping desa juga," imbuh dia terkait program Jatim Puspa yang bakal kembali diterima Kabupaten Bondowoso. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES