Peristiwa Daerah

Mau Langsing dan Lebih Sehat? Yuk Coba Diet Teknik Akupunktur RSUD Genteng Banyuwangi

Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:47 | 98.69k
Pelayanan program diet dengan teknik akupunktur di RSUD Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)
Pelayanan program diet dengan teknik akupunktur di RSUD Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Tampil menarik adalah dambaan tiap orang. Tak heran banyak yang sampai rela menjalani program diet ketat. Meski menyiksa, hasilnya kerap gagal. Nah, guna menjawab kebutuhan masyarakat. RSUD Genteng Banyuwangi menyuguhkan pelayanan diet.

Program yang diberikan menerapkan teknik akupunktur. Dan tentunya dilakukan oleh tenaga medis yang berpengalaman, sehingga tingkat keberhasilan lebih tinggi dan makin menyehatkan.

Dokter RSUD Genteng, dr.Daniek Wardhani menjelaskan. Teknik akupunktur adalah teknik kesehatan dengan cara memasukkan jarum halus untuk menstimulasi titik-titik khusus di tubuh. Jarum yang memiliki ukuran berbeda-beda, akan ditusukkan ketubuh pada kedalaman berbeda.

Setelah itu, jarum akan mendiamkan tanpa atau dengan elektrostimulus selama kurang lebih 20-30 menit," katanya, Rabu (10/8/2022).

Disebutkan, World Health Organization (WHO) telah mengakui efektivitas teknik akupunktur dalam mengobati berbagai penyakit.

Sementara dalam program diet atau mengatasi Obesitas, akupunktur mampu meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Menurunkan stres serta mempengaruhi bagian otak guna menunda rasa lapar.

"Naiknya berat badan seseorang disebabkan oleh ketidak seimbangan metabolisme tubuh yang dapat disebabkan dari gangguan fungsi hati, limpa, ginjal, kelenjar tiroid dan sistem endokrin," beber dr Daniek.

Jadi, lanjutnya, untuk menurunkan berat badan, perawatan akupunktur umumnya mentargetkan beberapa organ tubuh tersebut. "Dengan terapi ini, juga dikenal akupunktur telinga yang ampuh untuk menurunkan berat badan," cetusnya.

Dokter Daniek menerangkan, memanipulasi titik akupunktur tertentu di bagian telinga akan dapat mengontrol nafsu ngemil dan makan berlebihan. Dengan begitu, pasien akan sangat terbantu. Karena masalah yang dirasa paling sulit ditahan saat menjalani program diet bisa terpecahkan.

"Terapi ini akan lebih efektif jika pasien juga memperbaiki kualitas hidup. Seperti dengan berolahraga teratur dan menjaga pola makan yang sehat," ujarnya.

Di lain sisi, karena fungsi akupunktur adalah mengembalikan keseimbangan energi manusia, pasien akan mendapat manfaat lebih. Alias bukan hanya berat badannya yang turun.

Tapi mereka yang mempunyai keluhan sering pusing, mudah lelah, bahkan susah tidur nyenyak akan perlahan ikut membaik. "Jadi badan akan terasa lebih sehat dan fit," tandas dr Daniek.

Sementara itu, Direktur RSUD Genteng Banyuwangi dr Siti Asiah Anggraeni, M.MRS, melalui Humas dr Sugio, menegaskan bahwa pihaknya terus berbenah dan berupaya meningkatkan kualitas serta jenis pelayanan demi kepuasan masyarakat.

Dengan tenaga medis dan dokter yang berpengalaman, rumah sakit milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, juga berkomitmen mewujudkan masyarakat yang sehat.

"Kami akan terus mengabdikan diri untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat," kata Humas RSUD Genteng Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES