Peristiwa Daerah

Lomba Gotong Royong Tingkat Jatim, Desa Jatirejo Kabupaten Mojokerto Masuk Penilaian Lapangan

Rabu, 10 Agustus 2022 - 10:03 | 25.22k
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam prosesi Temu Tirto Ngluhurake Momongan di Balai Desa Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)
Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dalam prosesi Temu Tirto Ngluhurake Momongan di Balai Desa Jatirejo, Kabupaten Mojokerto. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MOJOKERTO – Lomba gotong royong tingkat Provinsi Jawa Timur mulai masuk babak penilaian lapangan. Desa Jatirejo Kabupaten Mojokerto yang masuk dalam nominasi empat desa terbaik se-Jawa Timur ini dinilai langsung oleh tim juri.

Dalam acara penilaian penilaian lapangan tahap II oleh juri tingkat Provinsi Jawa Timur yang diprakarsai oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Jawa Timur ini, turut hadir juga Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Ada empat aspek yang bakal dinilai pada penilaian lapangan ini yakni, bidang kemasyarakatan, bidang ekonomi, bidang sosial, bidang agama, dan bidang lingkungan.

Dalam sambutan dan arahannya, Ikfina sangat bersyukur, setelah pandemi Covid-19 bisa dikendalikan dan Kabupaten Mojokerto masuk dalam PPKM level satu, maka masyarakat Kabupaten Mojokerto bisa bertatap muka dan dapat melaksanakan kegiatan dengan meriah.

Ikfina-Fahmawati-b.jpgBupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat membagikan hadiah perlombaan. (Dok. Kominfokab Mojokerto for TIMES Indonesia)

"Sehingga kita bisa bersama-sama menyambut pak Yuwono beserta tim juri lomba pelaksana gotong royong terbaik tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022. kita bisa berkumpul saling bersilaturahmi, saling menyapa, saling melepas kangen dan Alhamdulillah ini kita harus syukuri," ucapnya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/8/2022).

Ikfina juga mengatakan, masuknya Desa Jatirejo dalam nominasi empat desa terbaik se-Jawa Timur, membuktikan bahwa masyarakat memiliki kepedulian yang tinggi.

Selain itu, Ikfina juga menegaskan, bahwa sikap gotong royong merupakan suatu yang sangat luar biasa dan menjadi bagian dari budaya Indonesia. "Ini suatu nilai yang harus dilestarikan dan sudah menyatu dengan diri kita" jelasnya.

Ikfina mengaku bangga kepada seluruh masyarakat Desa Jatirejo atas segala dukungan yang telah diberikan, rasa bangga ini dirasakan Ikfina, lantaran semua masyarakat kompak mendukung penilaian verifikasi lapangan ini dengan menampilkan segala potensi yang dimiliki.

"Tidak banyak kata selain terimakasih dan bangga yang bisa disampaikan untuk bisa mengungkapkan semuanya," ucapnya.

Terpisah, dalam kesempatan kali ini, Bupati Ikfina juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Gotong Royong Terbaik tingkat Kabupaten Mojokerto tahun 2022 yang dikemas dalam Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke XVII.

Juara 1 diraih Desa Jatirejo, Kecamatan Jatirejo dengan menerima uang pembinaan Rp 5 juta, kemudian juara 2 diraih Desa Padi, Kecamatan Gondang yang mendapat uang pembinaan Rp 4,5 juta dan juara 3 diperoleh Desa Balongmojo, Kecamatan Puri yang menerima uang pembinaan Rp 4 juta.

Bupati Ikfina mengatakan, 3 desa terbaik Kabupaten Mojokerto pada BBGRM ini, akan mendapatkan tambahan hadiah berupa BK desa dengan sesuai peringkatnya.

"Khusus untuk Desa Jatirejo hadiah spesialnya adalah menyelesaikan pembangunan kantor Desa Jatirejo, ditambah kemarin ingin punya Jatirejo Park. Jadi mudah-mudahan ini nanti bisa menambah guyub rukunnya warga Desa Jatirejo, menambahkan semangat, meningkatkan ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.

Setelah memberikan sambutan, Bupati Ikfina melanjutkan dengan melakukan prosesi Temu Tirto Ngluhurake Momongan di mana menyatukan sumber air dari lima Dusun Jatirejo, setelah itu melanjutkan mengunjungi produksi susu kambing etawa, wisata petik belimbing.

Dilanjutkan, kunjungan rumah bibit kelompok wanita tani 'Tanam Makmur', memberikan santunan kepada 77 anak yatim dari yayasan Sehati di Masjid Baiturohim, Jatirejo, dan yang terakhir mengunjungi Punden mbah Sayyid Donopuro Kabupaten Mojokerto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES