Peristiwa Nasional Haji 2022

Badai Pasir di Bandara Madinah, Jemaah Haji Asal Indonesia Aman

Senin, 08 Agustus 2022 - 10:36 | 51.47k
Badai Pasir menerjang Bandara di Madinah, Minggu (7/8/2022)
Badai Pasir menerjang Bandara di Madinah, Minggu (7/8/2022)
FOKUS

Haji 2022

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bandara Udara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi diterjang badai pasir, Minggu (7/8/2022). 

Badai pasir terjadi sekira lepas azhar waktu setempat, dan berlangsung singkat sehihngga tidak menganggu jadwal penerbangan. 

Meski demikian, jemaah haji asal kloter Surabaya yang tergabung dalam SUB 32 dari bus menuju plaza terminal haji sempat tertahan. 

Rachma Sariyuana, salah seorang petugas layanan kepulangan yang berada di Bandara Madinah mengatakan sebagian jemaah sudh diamankan ke plaza, sedangkan segaian sempat tertahan di bus menunggu badai reda. 

"Sebagian (jemaah SUB 32) sempat ada yang turun," ujar Rachma Sariyuana, salah seorang petugas layanan kepulangan yang berada di Bandara Madinah.

Berdasarkan keterangan petugas Perlindungan Jemaah (Linjam), Hanif Farizi, seluruh jemaah dari SUB 32 saat ini sudah masuk ke paviliun 5 Bandara Madinah, "SUB 32 aman, sudah masuk ke Paviliun 5," tutur Alumni Madrasah TBS Kudus.

Sementara itu, Kepala Seksi Layanan Kedatangan dan Kepulangan PPIH, Edayanti Dasril, mengimbau para petugas untuk mengamankan diri dan jemaah yang datang ke bandara saat badai pasir. "Badai pasir, tolong menepi dulu," ujar Edayanti saat terjadi badai pasir.

Kepala Daerah Kerja Bandara Haryanto memastikan seluruh jemaah dan petugas aman. Haryanto juga menyampaikan rombongan jemaah yang tengah menuju bandara dari hotel, berhenti terlebih dahulu. "Alhamdulillah aman semua. Informasi untuk JKS 36 yang menuju bandara dari hotel Madinah, seluruhnya berhenti," ujar Haryanto.

Haryantomengaku dirinya sempat merasakan badai pasir ketika sedang berada di jalan. Haryanto mengatakan, langit gelap, tapi ini hanya sebentar dan mereda. "Semoga lebih baik cuacanya, tadi di jalan cuaca gelap, tapi ini sebentar saja sudah selesai," harap Haryanto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES