Peristiwa Daerah

Melihat Ritual Jamasan Keris di Situs Sumberbeji pada Malam 10 Suro

Senin, 08 Agustus 2022 - 02:22 | 97.00k
Prosesi Jamasan Keris Nusantara kearifan lokal pada malam 10 Suro di Situs Sumberbeji, Jombang, Minggu (7/8/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)
Prosesi Jamasan Keris Nusantara kearifan lokal pada malam 10 Suro di Situs Sumberbeji, Jombang, Minggu (7/8/2022). (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JOMBANG – Umbul Donga dan Jamasan Keris Nusantara kearifan lokal pada malam 10 Suro yang tak tergerus zaman di Situs Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang Jawa Timur, Minggu (7/8/2022).

Jamasan Keris merupakan sebuah ritual mensucikan benda pusaka berupa keris. Keris sendiri ialah sebuah beda pusaka berupa belati yang berbentuk asismetris yang biasanya digunakan sebagai senjata perang pada tempo dulu oleh nenek moyang bangsa Indonesia.

Namun, hingga kini pusaka tersebut masih memiliki nilai senti mental tersendiri bagi sebagaian masyarakat yang masih mempercayai keris mempunyai nilai spiritual dan magis.

Keris lekat dengan berbagai kultur yang mengelilinginya, salah satunya adalah adanya tata cara perawatan khusus yang dikenal sebagai proses Jamasan atau Jamas.

Dimulai dari arak-arakan tumpeng prosesi Jamasan Keris di Situs Sumberbeji berlangsung tertib serta syarat akan kesakralan dan ketal akan budaya kejawennya.

Prosesi-Jamasan-Keris-Nusantara.jpgJamasan Keris kental akan budaya jawa. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

Didampingi 4 orang sebagai punokawan puluhan keris diarak menuju tempat Jamasan. Setelah itu, para hadirin duduk bersama untuk melantunkan doa bersama dengan kepercayaan masing-masing.

Kemudian, satu demi satu keris itu dijamas menggunakan air bertabur bunga mawar lengkap dengan sesajen dan dupa. Turut hadir dalam acara syakral tersebut Mbah Gimbal Putra Alam dari Surabaya, Jawa Timur.

Dalam orasi kebangsaannya Mbah Gimbal mengungkapkan bahwa Situs Sumberbeji merupakan tempat yang suci. Dirinya juga mempercayai bahwa mata air dari Situs Sumberbeji juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Saya percaya sumber ini (Sumberbeji) bisa menyembuhkan segala penyakit," katanya dihadapan para warga yang hadir dilokasi.

Sebab, menurutnya dalam Situs Sumberbeji terdapat arca garuda yang membawa hawa syakral. Pihaknya juga yakin suatu saat tempat ini akan dikunjungi oleh orang banyak.

Mbah-Gimbal-Putra-Alam.jpgMbah Gimbal Putra Alam pegiat budaya asal Surabaya yang mempercayai Situs Sumberbeji tempat sakral dan airnya bisa menyembuhkan penyakit. (FOTO : Rohmadi/TIMES Indonesia)

"Saya berharap tempat ini akan menjadi tempat yang sakral, yang membawa keberkahan bagi para penduduk yang ada disekitar," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, tradisi melestarikan kearifan lokal Jamasan Keris di Situs Sumberbeji mampu mengundang daya tarik masyarakat hingga luar daerah Jombang, diantaranya Kabupaten Ngawi, Surabaya, Mojokerto dan Kabupaten lain sekitar Jombang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES