Peristiwa Daerah

Menambah Wawasan, Kampus UMG Ikut Workshop Pengembangan Humas PTMA

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:40 | 27.74k
Workshop kehumasan PTMA (Foto: Humas UMG for TIMES Indonesia)
Workshop kehumasan PTMA (Foto: Humas UMG for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Menambah wawasan kehumasan, Kampus UMG (Universitas Muhammadiyah Gresik) mengikuti workshop pengembangan Humas Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Pembukaaan Workshop pengembangan HUMAS PTMA yang digelar di Gran Rohan Hotel Yogyakarta ini disambut sangat meriah oleh para peserta.  Sebanyak 42 peserta dari Sabang sampai Merauke, dan tersebar dari 29 PTMA di Indonesia, memenuhi ruangan Zaara Meeting 1, lantai 9. 

Hadir dalam kegiatan tersebut dari Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Widodo Muktiyo dan Ketua Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi (APIK) PTMA Himawan Sutanto beserta jajarannya. 

Ketua APIK, Himawan Sutanto selain melaporkan jumlah peserta juga menyampaikan tujuan kegiatan tersebut diadakan adalah agar adanya kesetaraan standar kehumasan di Perguruan Tinggi yang ada di Muhammadiyah

"Bangga ber-Muhammadiyah tidak hanya disampaikan, namun juga dibuktikan dengan pengembangan pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah yang salah satunya adalah PTMA ini," katanya, Sabtu (6/8/2022).

Humas, kata dia adalah First Talker, ujung jarum dari perguruan tinggi, salah tusuk saja bisa hancur dan tidak berbekas. Humas harus mahir dan loyal dalam mendampingi pimpinan di perguruan tinggi. 

"Humas yang hadir pada Workshop ini harus bisa memberikan inspirasi pada peserta yang tidak hadir dan para pimpinan di kampus. Bisa menularkan energi energi positif, dan bisa menerangi kampus saat kembali ke PT masing masing," imbuhnya

Himawan menyatakan, Humas PTMA ini bisa seperti kunang-kunang yang saling bersinergi menghasilkan cahaya yang gemerlapan saat malam datang. 

"Kalau hanya ada satu kunang kunang tidak ada spesialnya, tapi kalau bersama sama pasti akan mengasilkan sesuatu yang indah untuk dilihat” ujar Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Fungsi Menggerakkan Roda Organisasi 

Fungsi menggerakan roda organisasi di Perguruan Tinggi, atmosfir kampus, suasana akademik, hingga komunikasi eksternal ada fungsi humas yang sesungguhnya. 

Humas itu lokomotif, jadi harus bisa mendorong laju perkembangan kampus. Mari bangkit untuk membentuk satu kesatuan gerbong untuk melajukan nama perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah tentunya. 

"Era saat ini humas ada pada era diruption yang mengharuskan humas berkembang dan mengetahui kebenaran (fact) yang ada untuk memberikan informasi terbaru dan terkini,” tuturnya.

Humas adalah oksigen di kampus. Bagaimana apabila tidak ada oksigen di lingkungan PT, sedangkan komunikasi humas itu adalah sesuatu yang penting terkait branding dan citra kampus. 

Saat akhir penyampaian materi beliau, Prof Widodo memberikan kesimpulan yang cukup menarik, dalam sebuah kehumasan. "Hidup itu substansi dan sensasi yang biasa jadi luar biasa” tutup dia yang disambut dengan riuh tepuk tangan para peserta termasuk dari Kampus UMG. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES