Indonesia Positif

Masterpiece Kembali Lelang Karya Seni Lukis Dari Maestro Asia Tenggara, Cina, Modern & Komtemporer

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 07:27 | 59.61k
Salah Satu Karya Lukis yang Dilelang Masterpiece (Foto: Masterpiece)
Salah Satu Karya Lukis yang Dilelang Masterpiece (Foto: Masterpiece)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ternyata karya seni langka dan berharga masih menjadi incaran para kolektor untuk menambah koleksinya. Untuk itu di awal bulan Agustus ini Masterpiece Auction House Singapura sebagai balai lelang terbesar di Asia Tenggara kembali menyelenggarakan lelang dengan tajuk “MASTERPIECE: Southeast Asian, Chinese, Modern & Contemporary Art” yang masih secara online.

“Pada lelang kali ini kami menyajikan beberapa karya seni yang luar biasa dari maestro yang namanya sudah mendunia seperti Affandi, Ahmad Sadali, Srihadi Soedarsono, Basoeki Abdullah, Hendra Gunawan, Lee Man Fong, Chen Wen Hsi dan masih banyak lagi yang lainnya,” kata Kevin, Direktur Masterpiece Auction House melalui rilisnya, Jumat (5/8/22).

Karya lukis yang menjadi sorotan pada lelang kali ini adalah karya dari Hendra Gunawan berjudul Penjual Bebek dan Ayam, 1960. Karya ini berukuran 80 cm X 100 cm dengan cat minyak di atas kanvas. Karya ini menggambarkan 4 orang wanita dan 1 orang anak kecil yang sedang digendong. Sebagai maestro kelas dunia, Hendra Gunawan telah mendapatkan Tanda Kehormatan Bintang Budaya Parama Dharma dari Presiden Joko Widodo. Hendra Gunawan pertama kali menyelenggarakan pameran tunggal pada tahun 1946. Ia juga salah seorang pendiri sanggar Pelukis Rakyat dan dari sanggar ini banyak melahirkan pelukis hebat.

Lalu karya yang tidak kalah menarik ada karya dari Ahmad Sadali dengan judul Bongkah-bongkah Horizontal dan Vertikal, 1980. Karya ini berukuran 120 cm X 99 cm dengan media campuran di atas kanvas. 

Ahmad Sadali adalah maestro asal Indonesia yang telah mendapatkan banyak penghargaan dari manca-negara, lantas karya-karyanya sangat sulit didapatkan dan diburu oleh banyak kolektor dari manca-negara.

Karya dari seorang maestro yang dikenal dengan nama S. Sudjojono atau Sindoesoedarsono Soedjojono juga menjadi sorotan pada lelang kali ini. Pasalnya karya lukis berjudul Rangkaian Kembang Mawar, 1972 ini salah satu karya langka di pasar seni. 

Karya ini berukuran 93 cm X 67 cm dengan cat minyak di atas kanvas. Karya ini menggambarkan rangkaian bunga berwarna cerah, lukisan dari S. Sudjojono dengan warna cerah seperti ini sangat jarang ditemukan di pasar seni.

S. Sudjojono merupakan Bapak Seni Rupa Modern Indonesia, dimana julukan ini diberikan pertama kali oleh Trisno Soemardjo. Pada tahun 1937 S. Sudjojono mengikuti pameran bersama pelukis Eropa di Bataviasche Kunstkring. Di Sinilah awal Namanya dikenal sebagai pelukis legendaris Indonesia.

Selanjutnya karya yang menarik juga karya dari Srihadi Soedarsono berjudul Mother and Daughter-Praying For Love and Piece, 2012. Karya ini berukuran 145 cm X 150 cm dengan cat minyak di atas kanvas. Karya ini memiliki objek dua orang wanita yaitu ibu dan anak yang sedang berdoa. Srihadi Soedarsono adalah seorang maestro yang namanya sangat penting dan dikenal di dunia seni internasional. Beliau meninggal dunia pada awal tahun ini di bulan Febuari 2022.

Srihadi Soedarsono banyak mendapat penghargaan dari pemerintah negara, seperti pada tahun 1971 ia mendapatkan penghargaan Anugerah Seni dari pemerintah RI. Pada tahun 1973 mendapatkan Cultural Award dari pemerintah Australia. Srihadi Soedarsono juga mendapatkan hadiah terbaik pada ajang Biennale Jakarta III tahun 1978. Pada tahun 1980 ia juga mendapatkan penghargaan Fulbright Grant dari pemerintah Amerika Serikat.

Selain itu masih banyak lagi karya-karya yang menarik pada lelang kali ini, berikut karya-karya lainnya yang menjadi sorotan pada lelang Masterpiece Auction periode Agustus 2022:

MASTERPIECE: Southeast Asian, Chinese, Modern & Contemporary Art dibuka pada tanggal 3 Agustus 2022 dan akan ditutup pada 19 Agustus 2022.  Sedangkan untuk melihat daftar karya yang dilelang secara lengkap para peserta bisa melihat di situs lelang Masterpiece Auction auctions.masterpiece-auction.com.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES