Indonesia Positif

Kemenparekraf Fasilitasi Pemerataan Pertumbuhan Pelaku Ekonomi Kreatif Jember dengan Pameran di Lippo Plaza Jember

Jumat, 05 Agustus 2022 - 23:38 | 53.64k
Stand pameran AKI di Lippo Plaza Jember yang menampilkan produk UMKM unggulan Kabupaten Jember. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)
Stand pameran AKI di Lippo Plaza Jember yang menampilkan produk UMKM unggulan Kabupaten Jember. (Foto: Siti Nur Faizah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERLippo Plaza Jember terus berupaya mendukung UMKM setempat dengan memfasilitasi pameran apresiasi kreasi Indonesia (AKI) 2022 yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Indonesia. 

Kegiatan yang digelar mulai Jumat (5/8/2022) hingga Minggu (7/8/2022) mendatang di atrium Lippo Plaza Jember menampilkan beberapa UMKM lokal kebanggaan Kabupaten Jember. 

Raja Romario, Tim Kreatif AKI mengungkapkan bahwa UMKM yang bisa unjuk gigi dalam ajang tersebut telah melakukan kurasi dari bulan Mei sebelumnya. Tak hanya itu, AKI juga memfasilitasi pelatihan bagi para pelaku UMKM. 

"Selain memperkenalkan produk, saat ditempatkan di mall yang memang tempat transaksi belanja, kegiatan itu nyata adanya dan produk UMKM tersebut bisa terjual," ungkapnya kepada TIMES Indonesia. 

Lippo-Plaza.jpg

Raja, sapaan pria asal Jakarta tersebut mengaku memilih Kabupaten Jember atas keinginan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia (Menparekraf), H Sandiaga Salahuddin Uno yang menginginkan adanya pemerataan pertumbuhan pelaku ekonomi kreatif. 

"Tahun lalu kami sudah mampir di 16 kota besar, mas menteri (sapaan karib Sandiaga Salahuddin Uno) juga ingin mengadakan dikota-kota yang belum terjamah program unggulan dari kemenparekraf agar bisa dikunjungi dan diberikan stimulus, contohnya dengan pameran dan pelatihan kemarin," aku Raja. 

Disisi lain, tim kreatif AKI tersebut memilih Lippo Plaza Jember sebagai tempat pameran dikarenakan lokasinya yang strategis dan memiliki potensi buyer cukup tinggi. "Jadi pengunjung tidak hanya main-main saja tapi juga membeli. Setelah acara ini selesai mereka (pelaku UMKM) juga diharapkan berhasil membangun relasi, pasar, membuat kolaborasi, dan tentunya mengenalkan produk mereka," katanya. 

Lippo.jpg

Melalui pameran UMKM ini, Raja berharap kegiatan tersebut bisa menjadi inspirasi bagi pelaku UMKM lainnya yang belum tergabung dalam pameran AKI 2022 di Lippo Plaza Jember. 

"Kesempatan dan peluang itu selalu ada kalau kita mau berusaha, jadi jangan pasrah sama keadaan, terus berjuang, karena pasti ada jalan bagi yang terus berusaha," pungkasnya. 

Untuk informasi, pameran apresiasi karya Indonesia yang bertempat di atrium Lippo Plaza Jember tersebut akan dihadiri Menparekraf, Sandiaga Uno pada Minggu (7/8/2022) mendatang. Jadi, tunggu apa lagi, datang dan beli produk-produk lokal kebanggaan Kabupaten Jember. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES