Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Mengintip Keunggulan dan Prospek Karir Program Studi S-1 Akuntansi FEB Unisma

Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:55 | 22.22k
Diklat dan Sertifikasi Brevet Pajak A& B bersama Ikatan Akuntan Indonesia. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Diklat dan Sertifikasi Brevet Pajak A& B bersama Ikatan Akuntan Indonesia. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANGUnisma Malang sebagai kampus unggul, inovatif dan religius telah banyak melahirkan lulusan yang handal, berkualitas adaptif dan berdaya saing.

Terbukti Universitas Islam Malanhg merupakan kampus swasta Peringkat 1 Kategori Perguruan Tinggi NU. Juga PTS Terbaik di Kota Malang versi Kemendikbud 2020, di tingkatan nasional masuk 50 Kampus Terbaik di Indonesia.

Hal ini tak luput dari dukungan program studi yang menaungi Unisma. Salah satu program studi yang turut andil dalam mendukung pencapain visi dan misi Universitas islam Malang dalam meraih  prestasi Internasional adalah Program Studi Akuntansi  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas islam Malang, terlahir di tahun 1985 dan saat ini telah meraih akreditasi “A” ( Unggul) atas dasar Keputusan BAN PT Nomor: 4500/SAK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017) dan saat ini sedang menunggu  proses akrediatasi Internasional FIBAA dari Jerman. Prodi Akuntansi merupakan salah satu program studi favorit yang sering melakukan berbagai gebrakan dan terobosan inovatif , invensi dan kreatif guna menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif dan berdaya saing internasional.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

Prodi yang berlokasi di Jalan MT Haryono No 193 Kota Malang merupakan salah satu prodi unggulan dari Universitas Islam Malang (Unisma) dan selalu menjadi incaran para mahasiswa. Untuk meningkatkan daya saing dalam bidang akuntansi, prodi Akuntansi selalu memanfaatkan teknologi informasi guna menyiapkan lulusan yang kredibilitas sejalan dengan kebutuhan era Revolusi 4.0.

Nur Diana SE, M.SI Dekan FEB Unisma mengungkapkan bahwa prodi akuntansi FEB Unsima senantiasa adaptif dengan perubahan dan kebutuahn lingkungan bisnis, sehingga tuntutan Era Revolusi 4.0 dan Era Society 5.0 telah menggeser peran Akuntan dari tugasnya yang bersifat klerikal saat ini bersifat strategis, analitis dan konsultatif. 

“Memenuhi kebutuhan era transformasi digital, Prodi akuntansi FEB Unisma telah bertransformasi menjadikan lulusannya kompeten dibidang akuntansi juga didukung skill fasih berteknologi seperti computer sciences, data analytic, accounting tools, taxation, communication bisnis, critical thinking dan collaborate,“ tutur Diana.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

“Saat ini dunia Industri mengharapkan kompetensi atau keahlian yang dimiliki  sumberdaya manusia harus dibuktikan dengan sertifikasi serta the right success tools, misalnya fasih berteknologi, supaya mampu bertahan dalam persaingan dunia kerja. Prodi Akuntansi FEB Unisma telah menyediakan serangkaian program sertifikasi kompetensi yang berstandar nasioanl maupun internasional dengan menggandeng DUDI asosiasi profesi,“ imbuhnya. 

Lebih lanjut Diana mengatakan bahwa penguasaan teknologi bagi calon lulusannya terjabar dalam mata kuliah unggulan maupun program praktisi mengajar, seperti Digital Business, Digital Accounting, Digital Auditing, Digital Taxation, Data Analytic dengan menggunakan program aplikasi seperti Zahir, Accurate, IDEA Audit Digital, MYOB, Digital Audit Atlas, Teammate Program, Aplikasi Komputer Perpajakan (e-SPT),Sekolah Digital Bisnis, Sekolah Digital Pajak maupun IPOT Aplication.

Untuk pencapaian kompetensi tersebut Prodi Akuntansi telah mengembangkan berbagai fasilitas sarana prasarana  yang  laboratorium inovatif yang bekerjasama dengan berbagai pihak diantaranya laboratorium Digital Accounting, Galeri Investasi, Laboratorium Multimedia, Studio Digital Marketing dan Entrepreneurship, Laboratorium Digital Auditing, CPA Test Center, Laboratorium Perpajakan dan Tax Center, Laboratorium Keuangan Syariah, Laboratorium Bahasa Asing, Islamic Bank Laboratory, Digital Business Laboratory, research laboratory dan lainnya.

Implementasi kuliah praktikum maupun laboratorium bekerjasama dengan dunia Industri guna meningkatkan harskill dan sofskill calon lulusan seperti Ikatan Akuntan Indonesia, IAPI, PT Bursa Efek Indonesia, PT Indopremiere sekuritas, Kantor Akuntan Publik HJA, PT Bank Syariah Indonesia, PT Pegadaian Persero, Wantiknas, Adigimind, DDTC, Dirjend Pajak, TICMI, Asociation Certified Fraud Examiners (ACFE), PT Bursa Efek Indonesia, PT IPOT, PT KSEI, KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah), IFMA dari perguruan tinggi berupa Moscow Russia University, UMK University Malaysia, UTHM Malaysia, UNISSA Brunei Darussalam University, TAU University Phillipines, ICUK Thailan, PSU Thailand, dan lain-lain.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

Hal tersebut tak lepas dari dukungan sumberdaya manusia kompeten dan kredibel dibidangnya katakanlah dosen mayoritas bergelar S3 memiliki jabatan akademik lektor, lektor kepala dan guru besar dengan tambahan sederet sertifikasi kompetensi keahlian sesuai dengan tuntutan dunia industri. Mayoritas staf pengajar telah berpengalaman di dunia praktis dan berkecimpung dalam berbagai industri maupun profesi. Hal ini berefek pada sistem pembelajaran sejalan dengan kebutuhan dunia industri dan profesi.

“Produktivitas staf pengajar Prodi Akuntansi FEB Unisma dalam Tridharma Pendidikan Tinggi tidak diragukan lagi. Program lecturer exchange dengan kampus luar negeri menjadi gebrakan inovatif dosen bahkan karya inovatif telah banyak dihasilkan berupa karya ilmiah prosiding maupun jurnal nasional maupun internasional HAKI, Paten, buku Ajar Ber-ISBN, dan lainnya,” tutur Nur Diana, Dekan FEB Unisma.

Sejalan dengan implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Prodi Akuntansi telah menerapkan dan menawarkan 9 skema program merdeka Belajar . Hingga saat ini Implementasi Kurikulum MBKM  Program student Exchange dengan mitra dari perguruan tinggi luar negeri Prodi akuntansi telah mengirimkan mahasiswa ke UTHM Malaysia sebanyak 45mahasiswa, ke Tarlac Agriculture University Philipines sebanyak 10 mahasiswa, ke FKP UMK Malaysia sebanyak 12 Mahasiswa ke Moscow Rusia University sebanyak 15 mahasiswa, ke PSU Thailand sebanyak 5 mahasiswa dan student exchange ke ICUKT Thailand sebanyak 5 mahasiswa.Disamping itu Prodi Akuntansi FEB Unisma menerima program Internship Internasional dari Philipina sebanyak 19 Mahasiswa, dari UMK Malaysia sebanyak 12 mahasiswa dan sebanyak 4 mahasiswa dari  TSUOS Uzbeskistan. Hal ini bisa berlangsung dengan dukungan Program rintisan International Class yang tersedia guna mendukung pencapaian visi dan misi internasional.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

Program penguatan kompetensi SDM yang dicanangkan teah banyak membuahkan hasil prestasi nasional dan internasional yang ditorehkan mahasiswa program studi Akuntansi diantaranya Mahasiswa menjadi Penghargaan dari Kementrian Pendidikan Taiwan dalam ajang Internatioanl SummerCamp di Taiwan, Best Paper dalam ajang International Conference, Pemenang Hibah Program Credit Transfer Internasional kemendikbud Ristek 2020-2021, pemenang Hibah KBMI Kemendikbud RI 2021, Pemenang Hibah PHP2D kemendikbud 2021, Pemenang Program PKM 2019-2019 Kemendikbud Ristek dll,  Juara Nasional  Galeri Investasi Award  2019-2021 yang digelar Pasar Modal Indonesia dan lain sebagainya.

Lulusan program studi ini memiliki prospek berkarier di berbagai entitas seperti akuntan publik, konsultan dan jasa penjaminan dalam pelaporan keuangan. Mereka berpeluang besar untuk bekerja dan menjadi direktur, direktur keuangan, level ekselon lainnya di perusahaan nasional, BUMN, dan perusahaan multinasional, serta di institusi pemerintah.

Lulusan program studi akuntansi juga dibutuhkan pada instansi perbankan, Bappepam dan Bursa Efek, serta konsultan perpajakan keuangan. Keahlian yang mereka peroleh dari studi di program ini juga sangat relevan untuk menjalankan bisnis secara mandiri sebagai enterprenur. (*)

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES