Peristiwa Daerah

Warga Banyuwangi Gelar Selamatan di Depan Bangkai Paus Terdampar

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 07:42 | 33.39k
Selamatan warga didepan bangkai paus terdampar guna mendoakan agar proses evakuasi cepat usai. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)
Selamatan warga didepan bangkai paus terdampar guna mendoakan agar proses evakuasi cepat usai. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Jumat (5/8/2022) pagi, masyarakat Gg Lestari, Lingkungan Kampung Baru, Bulusan, Kalipuro, Banyuwangi nampak sibuk. Mereka menggelar selamatan di depan bangkai dari Paus Sperma yang terdampar di wilayah setempat.

Selamatan tersebut bertujuan untuk meminta kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberi kemudahan dalam mengevakuasi dan memindahkan bangkai Paus dan juga mereka berkeyakinan sebagai upaya tolak bala, menjauhkan warganya dari mara bahaya.

Abas, Sekretaris Kelompok Nelayan Laut Lestari, mengatakan, melihat kondisi Paus mengenaskan seperti ini, warga sekitar merasa miris. "Maka dari itu, kita adakan selamatan," katanya.

Sementara itu, menurut pria berusia 51 tahun ini, paus dengan nama latin Physeter makrosefalus ini, dianggap sebagai sang empunya laut.

"Selain itu, harapan dari selamatan ini, agar siapapun baik petugas gabungan maupun masyarakat yang menangani bangkai Paus diberi keselamatan dan kesehatan,"ujarnya.

Bahkan, beberapa masyarakat mengaitkan fenomena paus jumbo yang tiba-tiba ditemukan jauh dari habitatnya ini dengan sakralnya bulan suro.

Seperti diberitakan sebelumnya, paus sperma tersebut terdampar di wilayah Dermaga Cinta Banyuwangi. Memasuki hari ke lima, upaya evakuasi tidak membuahkan hasil yang signifikan. Maka hingga hari ini, tubuh paus berukuran jumbo tersebut terkapar dan menjadi tontonan warga Banyuwangi(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES