Indonesia Positif

Mahasiswa Polindra Juara Kategori Hackathon pada KMIPN 2022 di Batam

Jumat, 05 Agustus 2022 - 21:35 | 52.88k
Tim Mahasiswa Polindra Indramayu menjadi juara kategori hackhaton pada KMIPN 2022 di Politeknik Negeri Batam. (Foto: Polindra for TIMES Indonesia)
Tim Mahasiswa Polindra Indramayu menjadi juara kategori hackhaton pada KMIPN 2022 di Politeknik Negeri Batam. (Foto: Polindra for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, INDRAMAYU – Mahasiswa Politeknik Negeri Indramayu (Polindra) sukses menjuarai Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2022 yang digelar Politeknik Negeri Batam.

Dalam kejuaraan nasional yang digelar selama dua hari yakni 2-3 Agustus 2022 itu, mahasiswa Polindra menjadi juara dalam kategori hackathon mengalahkan ratusan mahasiswa lain dari seluruh Indonesia. Selain itu, mereka juga mendapatkan penghargaan Best Spirit pada kategori Cipta Inovasi di Bidang TIK.

Fachrul Pralienka Bani Muhamad, salah satu dosen pembimbing KMIPN mahasiswa Polindra, mengatakan, pihaknya mengirim sebanyak 6 tim dalam ajang tersebut, yakni kategori hackathon, cipta inovasi di bidang TIK, pengembangan aplikasi permainan, e-goverment, dan lomba animasi.

"Alhamdulillah kita setiap tahun selalu mengirimkan tim untuk ikut KMIPN dan alhamdulillah selalu ada kategori yang bisa kita menangkan," ujar dia Fachrul, kepada TIMES Indonesia, Jumat (5/8/2022).

Polindra-Indramayu-b.jpg

Fachrul mengaku bangga dengan prestasi nasional yang ditorehkan para mahasiswa yang dibimbingnya. Terlebih dalam mengikuti ajang KMIPN 2022, para mahasiswa sendiri lah yang berinisiatif mendaftar ke pihak kampus.

Sementara itu, Tim Fillbottle Muhamad Abdan (22) mengaku sangat senang dapat menjuarai kategori hackathon dalam ajang KMIPN 2022. Dalam kategori ini ia bekerjasama dengan rekannya yakni Yoga Rizki Pratama dan Maulana Ilham Ginanjar.

"Alhamdulillah di hackathon ini, Polindra menjadi juara bertahan, tahun sebelumnya juga kami juara," ujar Abdan.

Muhamad Abdan juga menjadi bagian dari Tim Sahwahita pada kategori Cipta Inovasi di Bidang TIK bersama Triana Dyah Pangestuti dan Yoga Rizki Pratama. Tim Sahwahita mendapat penghargaan Best Spirit.

Muhamad Abdan menjelaskan, secara umum, di dua kategori itu, ia dan tim menciptakan sebuah aplikasi mager desa. Aplikasi ini menjadi ruang sosialisasi yang menghubungkan antara masyarakat dan pemerintah desa.

Dalam aplikasi itu juga terdapat marketplace yang menjual berbagai produk UMKM, termasuk berbagai event serta pemberitaan yang mencakup desa tersebut. Aplikasi tersebut diciptakan atas keresahan yang mereka temukan di sejumlah desa di Kabupaten Indramayu.

"Jadi di aplikasi ini masyarakat bisa saling bersosialisasi seperti di facebook atau telegram. Di sini juga ada marketplace seperti Bukalapak, dan lain-lain. Semua lengkap ada di aplikasi tersebut," ujar mahasiswa Polindra tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES