Indonesia Positif

Sedekah Bumi di Langensari Kota Banjar Diiringi Haflah Al Qur'an dan Gema Shalawat

Jumat, 05 Agustus 2022 - 20:11 | 54.25k
Ratusan tumpeng mewarnai sedekah bumi di Alun-alun Langensari Kota Banjar (foto:Susi/TIMES Indonesia)
Ratusan tumpeng mewarnai sedekah bumi di Alun-alun Langensari Kota Banjar (foto:Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Wakil Wali Kota Banjar, H. Nana Suryana,S.Pd., M.H., menghadiri kegiatan Haflah Al Qur'an dan Gema Shalawat yang dirangkaikan dengan acara Sedekah Bumi di Alun-alun Langensari, Jumat sore hingga malam ini, (5/8/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kota Banjar, Para Ulama, Forkopimcam Langensari serta ribuan Warga Langensari.

Di sesi sedekah bumi, nampak masyarakat berbondong-bondong membawa tumpeng yang nantinya akan dimakan bersama di Alun-alun Langensari. Pada kesempatan ini terkumpul sebanyak 255 tumpeng yang akan dibagikan kepada masyarakat. 

Menurut KH Muin Abdurrohim, sesepuh Pondok Pesantren Al Azhar Citangkolo, Sedekah Bumi berasal dari sedekah hasil bumi yang dijadikan tumpeng dan nantinya dibagikan kepada masyarakat. 

"Sedekah bumi adalah sodakoh hasil bumi yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali setelah Panen sebagai ungkapan rasa syukur akan hasil panen. Semoga Kota Banjar khusunya Kecamatan Langensari diberikan hasil panen yang melimpah," ungkapnya. 

Wakil-Wali-Kota-Banjar.jpgWakil Wali Kota Banjar didampingi Ketua DPRD menghadiri sedekah bumi dan Haflah Qur'an (foto: Susi/TIMES Indonesia)

Wakil Wali Kota dalam kesempatan tersebut mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini. Gelaran seperti ini sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat setelah panen.

"Inilah kekayaan budaya yang patut dilestarikan. Budaya ini mengajarkan untuk saling berbagi kepada sesama. Sesuai denga tagline Langensari yaitu KEREN (Kreatif Enerjik Religius Empati Nasionalisme)," katanya.

Dalam kesempatan acara acara Sedekah Bumi kali ini dilakukan penyerahan secara simbolis satunan untuk 150 anak yatim. Kegiatan kemudian ditutup dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh KH Muin Abdurohim yang diserahkan langsung kepada kepada Wakil Wali Kota Banjar.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES