Peristiwa Daerah

42 Ribu Anak di Bondowoso Harus Mendapatkan Imunisasi Bulan Ini

Jumat, 05 Agustus 2022 - 17:21 | 85.01k
Proses pencanangan imunisasi untuk anak di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Proses pencanangan imunisasi untuk anak di Kabupaten Bondowoso (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Sebanyak 42 ribu balita di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, harus mendapatkan imunisasi bulan ini. Bahkan beberapa diantaranya disuntik di beberapa kecamatan, Jumat (5/8/2022).

Oleh karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menyiapkan dua ribu lebih posyandu ditambah seluruh puskesmas yang ada, untuk memberikan pelayanan imunisasi kepada anak-anak.

Kepala Dinkes Bondowoso, dr Mohammad Imron mengatakan, imunisasi yang menjadi program nasional ini, merupakan imunisasi tambahan yang diberikan kepada seluruh anak dan balita, mulai dari usia enam hingga 69 bulan. 

Anak-anak tersebut diberikan imunisasi untuk mencegah penyakit campak dan rubela. "Kita lakukan mulai tanggal satu sampai empat kemarin, sudah ada tiga ribuan anak yang diimunisasi," kata dia.

Menurutnya, balita bisa diimunisasi di puskesmas dan posyandu yang sudah disediakan, dengan catatan tidak ada kontra indikasi. 

Adapun salah satu upayanya, menggelar posyandu secara rutin, seperti biasanya. Sementara bagi mereka yang tidak datang, maka tenaga kesehatan akan terjun langsung untuk menjemput bola ke rumah-rumah warga. "Akhir Agustus sudah harus selesai," paparnya.

Terdapat banyak keuntungan yang akan didapatkan, jika anak menjalani imunisasi. Salah satunya, dapat mencegah beberapa penyakit, mulai dari campak, rubella, Difteri, Tetanus dan lain sebagainya. 

Sementara itu, Bupati Bondowoso Salwa Arifin mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, capaian imunisasi memang sempat mengalami penurunan drastis. 

Oleh sebab itu, bupati berharap agar kesempatan ini digunakan dengan maksimal. Sehingga, target atau sasaran imunisasi yang sudah ditentukan dapat tercapai. "Sudah kita instruksikan ke kecamatan," imbuh dia.

 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES