Kopi TIMES Universitas Islam Malang

Unisma dan Moderasi Beragama

Jumat, 05 Agustus 2022 - 19:47 | 49.51k
Kukuh Santoso, M.Pd.I, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Malang (UNISMA).
Kukuh Santoso, M.Pd.I, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Malang (UNISMA).
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, MALANG – Universitas Islam Malang atau yang biasa disebut dengan UNISMA adalah salah satu kampus swasta terbaik di provinsi jawa timur. UNISMA dalam proses kehidupan kampusnya yang bernafaskan NU (Nahdlatul Ulama) sangat menjunjung tinggi hal-hal yang berkaitan dengan ilmu islam. Jika dilihat unisma yang sangat menekankan nilai-nilai Islam, lalu bagaimana pandangannya terhadap adanya keberagaman agama?

Universitas Islam Malang adalah universitas yang sangat memperhatikan kebhinekaan, karena NU sendiri sebagai darah daging UNISMA juga mengajarkan bahwa kita adalah Islam Indonesia yang mana bersemboyan Bhinneka Tunggal Ika yakni kita hidup di dunia yang memiliki perbedaan tetapi tetap satu tujuan. Jadi unisma sendiri juga mengimplementasikan ajaran-ajaran yang ada pada NU tersebut dengan merealisasikan moderasi beragama. Bagaimana sih UNISMA ini menerapkan ‘Moderasi Bergama’ dalam kehidupan kampusnya? Kita sebagai makhluk Allah Swt. yang memiliki ajaran untuk mernghargai, menghormati, dan toleransi sudah semestinya setiap individu baik dari mahasiswa, dosen, staf, hingga karyawannya memegang nilai tersebut.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

Moderasi begama sendiri adalah bagaimana cara pandang sebuah subjek terhadap sikap keberagaman agama dan cara bersikap antara agama satu dengan yang lain agar bisa hidup berdampingan. Moderasi beragama telah tumbuh di lingkungan Universitas Islam Malang yang sangat jelas melalui kebijakan-kebijakan yang ditetapkan, UNISMA tidak membatasi diri untuk tetap menjalin kerjasama dengan kampus-kampus umum yang tidak lain pengurusnya juga dari non muslim.

Untuk menguatkan pemahaman moderasi beragama unisma juga menggelar webinar yang bertema “Moderasi Beragama” yang dilaksanakan pada tahun 2021 silam. Dikutip dari TIMES INDONESIA, Prof. Dr. H. Maskuri selaku rector UNISMA pada sambutannya disampaikan bahwa ‘Cita-cita UNISMA yakni moderasi beragama dan menjadikan kampus yang menyebarkan Islam rahmah, Islam washatiyah dengan nilai-nilai ahlussunnah wal jama’ah, sesuai dengan tagline yakni UNISMA dari NU untuk Indonesia dan Peradaban Dunia.’

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

Dari sini dapat kita lihat bahwa Universitas Islam Malang sangat membuka mata bagaimana pentingnya peran moderasi Bergama terhadap peradaban dunia khususnya bagi integritas bangsa Indonesia. UNISMA sebagai subjek ingin membuka pandangan bahwa keberagaman agama bukanlah suatu hal yang haram untuk lihat. Kita hanya ingin menunjukkan bahwasanya Islam yang kami miliki ini adalah Islam washatiyah atau islam yang fair, yang tidak mempersulit sisi kedidupan, dan islam yang damai. Jadi UNISMA tidak lagi hanya memandang halal dan haram, namun UNISMA ingin menerapkan ahlussunnah wal jama’ah yang mana kita sebagai Islam mampu menunjukkan kontribusi untuk kemajuan peradaban dunia yang tidak hanya untuk orang muslim saja namun juga berguna untuk semuanya.

INFORMASI SEPUTAR PENDAFTARAN UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI pmb.unisma.ac.id

*)Penulis: Kukuh Santoso, M.Pd.I, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Malang (UNISMA)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES