Indonesia Positif

Arum Sabil Minta Perguruan Tinggi Atasi Ancaman Krisis Pangan dan Energi

Jumat, 05 Agustus 2022 - 18:38 | 45.38k
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)
Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil. (Foto: Naufal Ardiansyah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur HM Arum Sabil meminta pihak perguruan tinggi terlibat aktif dalam mengatasi ancaman krisis pangan dan energi yang diprediksi menjadi persoalan serius di masa depan. 

Hal tersebut disampaikan Arum Sabil saat melantik Majelis Pembimbing dan Pengurus Gugus Depan Kota Malang 04.283-04.284 Pangkalan Universitas Brawijaya (UB) di Gedung Widyaloka UB, Jumat (5/8/2022).

"Saya harap kampus ini menjadi pelopor dan teladan dalam berkegiatan Pramuka produktif sesuai bidang masing-masing. Produktif di bidang pertanian, energi terbarukan, kesehatan, kemanusiaan dan semuanya," kata Praktisi Agribisnis dan Pendidikan Indonesia ini.

Menurutnya, Indonesia memiliki dua persoalan yang harus diantisipasi sebagai ancaman serius. Yakni soal pangan dan energi.

Ia membeberkan jumlah penduduk Indonesia kian tahun kian bertambah. Penduduk dunia hampir mencapai 8 miliar jiwa. Bahkan Arum Sabil menyebutkan angka ini akan terus bertambah dengan prediksi 10 miliar jiwa pada 10 tahun yang akan datang.

"Indonesia yang asalnya di bawah 200 juta sekarang sekitar 270 juta jiwa. Lahan pertanian produktif yang dulunya (10 tahun lalu) sekitar 14 juta hektar, sekarang hanya 7 juta hektar. Ini tentu menjadi ancaman yang sangat serius. Mulut bertambah sementara sumber pangannya berkurang," tegasnya.

Sebab itu, dengan hadirnya pramuka produktif di Universitas Brawijaya (UB) diharapkan mampu menjadi pelopor dan teladan dalam mengatasi ancaman krisis pangan dan energi. "Lahan yang terbatas ini bagaimana dengan kemampuan dan ilmu teknologi yang dimiliki di bidang pertanian, bisa menghadirkan pertanian yang efisien tapi menghasilkan produktivitas yang tinggi," kata Arum Sabil. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES