Pemerintahan

Menko Luhut Klaim Indonesia Tak Pernah Dikontrol oleh China

Jumat, 05 Agustus 2022 - 17:18 | 35.28k
Luhut Binsar Pandjaitan. (FOTO: Antara)
Luhut Binsar Pandjaitan. (FOTO: Antara)

TIMESINDONESIA, JAKARTALuhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa China tak pernah mengontrol Indonesia. Menko Kemaritiman dan Investasi RI (Menko Marves RI) itu ingin mematahkan anggapan yang selama ini beredar di masyarakat tanah air. Ia pun membeberkan data terkait perdagangan China dengan RI.

Pernyataan tersebut, awalnya ia berbicara mengenai kondisi ekonomi yang kini mulai bangkit. Kata dia, musuh terberat Indonesia adalah sebenarnya diri sendiri. Ia pun membeberkan data perdagangan China dan Indonesia.

"Ini Anda lihat juga tadi defisit perdagangan dengan China, bagaimana orang bilang China ngontrol kita? Dulu trade defisit kita dengan China itu 27 miliar dolar kemudian menurun 17 miliar dollar,” jelasnya dikutip TIMES Indonesia dari akun YouTube PPAD TNI, Jumat (5/8/2022).

"Tahun lalu tinggal 2 sekian miliar dolar, tahun ini per kuartal kemarin tadi saya baru terima data itu kita sudah surplus 500 juta dollar, tahun ini kita mungkin surplus 1 sekian miliar dollar," tambahnya.

Luhut pun merasa bingung jika masih ada masyarakat yang menganggap jika Indonesia dikontrol oleh China. Menurutnya, itu adalah salah besar.

"Saya juga kadang-kadang bingung ini yang ngomong ngerti nggak angka. Saya tentara, saya karena tiap hari di-brief oleh anak-anak muda di kantor saya saya jadi paham ini angka, we are on the right track, kita sekarang jalan di trek yang benar," jelas Luhut Binsar Pandjaitan soal China. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES