Peristiwa Daerah

Hari Jadi Blitar, Bupati Blitar: Momentum Bangkitkan Ekonomi Menuju Masyarakat Maju Sejahtera

Jumat, 05 Agustus 2022 - 13:19 | 26.71k
Bupati Blitar Rini Syarifah memotong tumpeng Pada Pisowanan Agung Peringatan Hari Jadi Blitar ke 698 di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jumat (5/8/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)
Bupati Blitar Rini Syarifah memotong tumpeng Pada Pisowanan Agung Peringatan Hari Jadi Blitar ke 698 di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jumat (5/8/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BLITARBupati Blitar Rini Syarifah mengajak seluruh elemen masyarakat, lintas sektor, lintas bidang dan lintas ilmu untuk memaknai Hari Jadi Blitar ke 698 sebagai momentum untuk bangkit, bergotong royong, bersinergi dan berkolaborasi. 

Hal itu disampaikannya, pada acara Pisowanan Agung peringatan Hari Jadi Blitar ke 698 di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Jumat (5/8/2022).  Menurutnya hal itu semua agar terwujud Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera berlandaskan akhlak mulia baldatun toyyibatun warobbun ghofur.

"Hal ini sesuai dengan tema Hari Jadi Blitar ke 698 yakni Ekonomi Bangkit Menuju Masyarakat Yang Maju dan Sejahtera. Saya optimis, dengan dilandasi semangat Hurub Hambangun Praja, visi tersebut cepat tercapai." katanya.

Tahun 2022, Kabupaten Blitar kembali memeriahkan Peringatan Hari Jadi Blitar dan HUT ke -77 Kemerdekaan RI dengan seluruh rangkaian kegiatan setelah dua tahun vacum karena pandemi covid-19.

Hari-Jadi-Blitar-2.jpgBupati Blitar menerima pusaka kabupaten Blitar dalam Pisowanan Agung Peringatan Hari Jadi Blitar ke 698 di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jumat (5/8/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

Peringatan hari bersejarah bagi masyarakat Blitar itu diwarnai acara festival pecel. Menurut Bupati pertama di Kabupaten Blitar, hal itu sebagai upaya mempromosikan bahwa pecel merupakan satu diantara kuliner yang memiliki cita rasa yang khas dari Kabupaten Blitar.

"Karena sambel pecelnya, memiliki rasa daun jeruk dan kencur lebih kuat. Jadi, semua kalangan harus tahu bahwa pecel Blitar itu berbeda dengan pecel dari daerah lain," jelasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar ini juga menyampaikan bahwa, Blitar merupakan tanah bersemayamnya raja-raja agung nusantara atau disebut juga tanah para raja (Land of Kings).

Beberapa raja besar yang dimakamkan di Blitar, diantaranya Anusapati, Ranggawuni atau Wisnuwardhana, dan Raden Wijaya atau Kertarajasa Jayawardhana selain itu Juga Bung Karno Presiden Pertama Republik Indonesia.

"Untuk itu tugas kita yang berada di tanah para raja ini tidak ringan. Pemerintah Kabupaten Blitar dituntut untuk terus memperbaiki diri dalam hal peningkatan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat," tambahnya.

Hari-Jadi-Blitar-3.jpgKirab Warga Kecamatan Wonodadi menuju Pendopo Ronggo Hadinegoro dalam Pisowanan Agung Peringatan Hari Jadi Blitar ke 698 di Pendopo Ronggo Hadi Negoro, Jumat (5/8/2022). (FOTO: Sholeh/TIMES Indonesia)

Kepala Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blitar Suhendro Winarso menambahkan, Pisowanan Agung diawali prosesi Jengkaran Bupati dari Paringgitan ke Paseban di Pendopo Agung Ronggo Hadinegoro.

Dalam prosesi ini Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Wakil Bupati Rahmat Santoso, Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren Satoto dan juga Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar. 

"Hari ini adalah puncak peringatan hari jadi Blitar yangrkita namakan Pisowanan agung.jdi seluruh kepala desa camat dan warga masyarakat melaksanakan Pisowanan agung kepada Bupati Blitar," tambahnya.

Pisowanan Agung menurut Suhendro, menunjukkan satu hubungan yang sangat baik antara pemimpin dengan yang dipimpin. atau bisa juga kedekatan para pejabat dengan masyarakat. Keguyuban itu, menurutnya, sebagai kekuatan Blitar untuk makin maju bersama sejahtera bersama 

"Sebagai wujud Blitar bahwa hari ini di usia 698 ekonomi segera bangkit menuju masyarakat Maju dan Sejahtera," tegasnya saat mendampingi Bupati Blitar dalam prosesi Hari Jadi Blitar ke 698. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES