Peristiwa Daerah

Luar Biasa, Warga Satu Kampung di Majalengka Fasih Berbicara Berbahasa Asing

Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:29 | 31.88k
Warga kampung Kaputren yang merupakan mantan tenaga migran. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)
Warga kampung Kaputren yang merupakan mantan tenaga migran. (FOTO: Herik Diana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Banyak mantan pekerja migran yang telah bekerja di luar negeri, menjadikan sebagian warga di kampung Kaputren, Desa Putridalem, Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka Jawa Barat ini, menguasai lebih dari lima bahasa. 

Sebagian warga Kaputren Desa Putridalem Jatitujuh ini pernah bekerja di Hongkong, Malaysia, Singapura, Brunai, Arab Saudi, Korea, Jepang dan Taiwan. Mereka pulang ke kampung halaman setelah lima tahun, bahkan ada yang tujuh tahun lebih baru bisa pulang ke kampung halaman.

‎Tokoh masyarakat di dusun Kaputren, Amin Halimi membenarkan bahwa banyak warga di Kaputren Putridalem menguasai dan fasih berbicara bahasa asing, karena merupakan mantan pekerja migran. 

"Ya di sini banyak mantan TKW (pekerja migran) jadi sudah tak asing lagi kalau mereka pandai berbagai bahasa asing. Mandarin, Jepang, Inggris mereka faham, juga bisa dan fasih bicaranya," ungkapnya masih di acara Cimanuk Fashion Week, Jumat, (5/8/2022).

Warga-kampung-kaputren-a.jpg

Sementara itu, warga Blok Kaputren, Siti Badriah mengakui bahwa dirinya mantan pekerja migran. Ia dulu bekerja di Taiwan sana lebih dari tujuh tahun. 

"Alhamdulillah bisa bahasa Taiwan‎. Ya kita di sana kan harus beradaptasi, maka kita konsentrasi penuh untuk faham juga mengucapkan," ungkapnya. 

Badriah menambahkan, belajar mendengarkan dan menyimak, kemudian bertanya langsung kepada teman-teman sesama pekerja migran, ditambah membuka internet dalam hape, membuatnya bisa cepat menguasai dan berbicara bahasa tersebut. 

"Sekarang didukung teknologi, makin mudah. Apalagi jika didukung dengan lingkungan asli bahasa di negara tersebut, mau tak mau kita harus bisa belajar," ucap warga Kaputren Jatitujuh Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES