Glutera News

9 Manfaat Gym Ball dan 4 Gerakan Sederhana

Jumat, 05 Agustus 2022 - 11:44 | 393.29k
Image: Glutera for Times Indonesia
Image: Glutera for Times Indonesia

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Olahraga adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Aktivitas ini wajib dimasukkan ke dalam daftar kegiatan rutin Anda. Dikatakan menyehatkan karena memang olahraga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Dalam berolahraga, kita bisa menggunakan berbagai macam alat untuk mendukung gerakan latihan kita. Salah satu alat yang sering dipakai adalah bola gym.

Bola latihan ini dikenal pula dengan istilah Swiss ball, physio ball, stability ball.

Awalnya, bola ini dikembangkan pada tahun 1963 oleh Aquilino Cosani sebagai alat bantu terapi fisik di seluruh Eropa.

Pada tahun 1980-an, sejumlah ahli terapi fisik Amerika mulai tertarik dengan alat olahraga ini. Hal itu kemudian membuat bola olahraga ini terkenal di seluruh negara. 

Manfaat latihan menggunakan gym ball 

Berikut beberapa manfaat dan cara menggunakannya:

1. Memperkuat otot inti

Manfaat bola gym saat olahraga yang pertama adalah untuk memperkuat otot inti tubuh. Beberapa gerakan yang sering Anda lakukan dengan menggunakan kursi, bisa Anda lakukan dengan bola gym.

Mengganti kursi dengan bola gym akan membuat latihan lebih menantang dan memberikan manfaat lebih besar. Bola gym akan memaksa Anda untuk menggunakan otot inti tubuh ketika melakukan latihan karena otot inti akan berguna untuk menjaga stabilitas tubuh.

2. Meningkatkan fleksibilitas

Manfaat bola gym saat olahraga yang kedua adalah untuk meningkatkan fleksibilitas. Menggunakan bola gym secara teratur selama latihan Anda dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh.

Bahkan jika Anda tidak menggunakan bola gym sebagai bagian dari latihan, Anda bisa menggunakannya ketika melakukan gerakan stretching dan menghangatkan otot-otot Anda sebelum latihan dimulai. Ini akan mengurangi risiko cedera sambil menjaga sendi dan otot Anda berfungsi secara optimal.

3. Meningkatkan keseimbangan

Manfaat bola gym saat olahraga yang ketiga adalah untuk meningkatkan keseimbangan. Bola gym akan memberikan manfaat pada tubuh meski hanya dengan sedikit gerakan, salah satunya duduk di atas bola gym.

Hanya dengan mencoba duduk di atas bola gym, Anda sudah berusaha untuk melatih otot-otot untuk menjaga kestabilan tubuh. Duduk di atas bola gym membutuhkan otot punggung dan perut Anda untuk menjaga keseimbangan bola. Memasukkan bola gym ke dalam latihan Anda juga dapat bermanfaat untuk membentuk postur yang sehat.

4. Mengencangkan otot

Gym ball bisa menjadi alat bantu untuk membentuk serta mengencangkan otot. Beberapa otot yang bisa dilatih dengan alat ini adalah otot dada, punggung, perut, dan kaki. 

Kamu yang ingin mengencangkan otot dada dan tricep bisa melakukan press-up dengan gym ball. Caranya, letakkan kedua tangan di atas bola dan tubuh tetap lurus. Turunkan dada ke arah bola dan jaga kedua siku tetap di samping dan bukan membuka ke samping. Gerakan yang mirip push up ini bisa melatih otot dada dan lengan kamu semakin kuat dan kencang, lho. 

5. Kesehatan punggung dan tulang belakang

Manfaat bola gym saat olahraga yang keempat yaitu dapat menyehatkan punggung dan tulang belakang. Bola gym bisa sangat berguna jika Anda memiliki masalah pada punggung.

Karena saat Anda melakukan peregangan dan berolahraga, bola ini akan mendukung punggung bagian bawah. Inilah salah satu alasan kenapa chiropractor dan ahli terapi fisik sering merekomendasikan penggunaan bola gym untuk latihan.

6. Bantu latihan kardio

Manfaat bola gym saat olahraga yang kelima yaitu dapat membantu latihan kardio. Memasukkan bola gym ke dalam latihan kardio Anda adalah cara yang efektif untuk meningkatkan detak jantung.

Mengingat bola gym yang ringan, Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk beberapa gerakan latihan.

Gerakan seperti plank dan wood chops bisa ditingkatkan dengan menggunakan bola gym. 

Gerakan latihan yang menggunakan bola gym akan membuat latihan menjadi cukup intens dan menciptakan tantangan tersendiri.

7. Meningkatkan performa olahraga

Manfaat bola gym saat olahraga yang terakhir yaitu membantu meningkatkan performa ketika berolahraga. Permukaan bola gym yang lembut dan tidak stabil akan sangat cocok untuk melatih inti tubuh Anda. Selain itu, bola gym juga akan memperkuat otot inti tubuh, meningkatkan proprioception, keseimbangan, koordinasi tubuh, dan postur Anda.

8. Menurunkan berat badan 

Berdasarkan beberapa studi, latihan dengan gym ball dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena bola fitness tersebut meningkatkan pembakaran kalori. 

Latihan dengan gym ball merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan mengontrol berat tubuh. Beberapa latihan yang bisa Anda praktikkan dengan bola stabilitas ini adalah plank dan push-up. 

9. Mengurangi stres

Gerakan gym ball akan membuat Anda bergerak aktif dan meningkatkan fokus. Namun, tak hanya itu, berdasarkan beberapa studi, gerakan fitness ini juga dinilai ampuh untuk mengurangi stres dan mengatasi depresi. 

Itulah beberapa manfaat gym ball yang harus Anda ketahui. Pastikan pula Anda memilih gerakan-gerakan gym ball yang tepat untuk hasil yang lebih maksimal. 

4 gerakan olahraga menggunakan gymball 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah memilih bola yang cocok dengan panjang kaki Anda karena bola yang satu ini tersedia dalam berbagai ukuran. 
Jika merasa kesulitan menyeimbangkan tubuh dengan bola, mulailah dengan menyandarkan punggung ke dinding terlebih dulu. 

1. Melipat lutut dengan gym ball

salah satu gerakan olahraga menggunakan gym ball yang paling mudah adalah duduk di atasnya. Dengan melakukan latihan ini, Anda akan menggunakan otot perut dan punggung agar posisi tulang belakang dan panggul tetap seimbang. 

Cara melakukannya:

• Mulailah dengan duduk di atas bola dan sejajarkan kedua kaki Anda. Usahakan untuk membuat seluruh telapak kaki rata di lantai. 
• Duduk dengan posisi tegak untuk menjaga tulang belakang. 
• Lipatlah lutut Anda dan jaga panggul agar tetap seimbang ketika mengangkat kaki dan lutut. 
• Ganti kaki Anda atau ubah sisi untuk variasi

2. Plank

Selain melipat lutut, Anda juga bisa melakukan gerakan plank dengan gym ball. Gerakan ini dipercaya dapat memperkuat tubuh bagian atas dan mengecilkan perut Anda. 

Cara melakukannya:

• Mulai dengan posisi tubuh telungkup atau tengkurap dan buat gym ball menjadi penopang tubuh bagian atas. 
• Pastikan kedua lengan Anda menjadi tumpuan tubuh seperti Anda melakukan plank atau push-up di lantai. 
• Usahakan untuk tidak meletakkan perut atau lutut di lantai sebelum waktunya habis. 
• Pertahankan gerakan ini selama 30-60 detik.

3. Push up

Ternyata, gerakan olahraga semacam push up tidak hanya bisa dilakukan di lantai saja, tetapi juga bisa dilakukan dengan gym ball. Selain mengencangkan lengan Anda, push up dengan gym ball juga membuat bahu Anda lebih kuat. 

Cara melakukannya:

• Posisikan diri Anda seperti akan melakukan plank. 
• Letakkan kaki Anda di atas gym ball, seperti gambar di atas. 
• Lakukan push up seperti biasanya namun dengan menekuk siku ke belakang. Jagalah keseimbangan kaki dan dada Anda. 
• Ulangi gerakan ini selama 10 kali. 

4. Ball crunch

Sebenarnya, gerakan olahraga dengan menggunakan gym ball yang satu ini tidak berbeda jauh dengan crunch pada umumnya. Gym ball malah akan membuat membuat punggung lebih nyaman dan mempermudah Anda memperkuat otot perut Anda. 

Cara melakukannya:

• Baringkan tubuh Anda di atas gym ball. 
• Lipat kedua tangan di belakang kepala. 
• Pastikan bahwa Anda menapakkan kaki di lantai untuk menjaga keseimbangan. 
• Tekuk perut ke depan sambil membuang napas dan kembali ke posisi awal secara perlahan. 
• Jika melakukannya dengan benar, Anda akan merasakan adanya kontraksi pada bagian perut. 
• Ulangi gerakan ini 10-15 kali. 

Salah satu keuntungan dari olahraga dengan menggunakan gym ball ini adalah Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Anda juga bisa melakukan di tempat yang paling nyaman bagi Anda.

Akan tetapi, jika meragukan posisi Anda sudah benar apa belum, Anda bisa mengikuti kelas fitness yang memakai gym ball sebagai bagian dari gerakan olahraga agar tidak salah melakukannya dan terhindar dari cedera. (*)

Be everlasting with glutera

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES