Indonesia Positif

Jadi Bapak Asuh Anak Stunting, Dandim 0617/Majalengka akan Percepat Penurunan Stunting

Jumat, 05 Agustus 2022 - 12:53 | 37.42k
Kodim 0617/Majalengka launching bapak asuh anak stunting. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)
Kodim 0617/Majalengka launching bapak asuh anak stunting. (FOTO: Jaja Sumarja/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAJALENGKADandim 0617 Majalengka, Letkol Inf Danang Biantoro dikukuhkan sebagai Bapak Asuh Anak Stunting di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

Hal itu, ditandai dengan digelarnya peluncuran Bapak Asuh Anak Stunting yang dilaksanakan di Aula Sindang Kamulyan, Kodim 0617/Majalengka dan diikuti secara serentak di jajaran koramil, Kodim 0617/Majalengka.

Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Danang Biantoro mengatakan, bahwa dirinya akan terus menaruh perhatian lebih terhadap kasus stunting, khususnya yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka. Mengingat angka stunting di Majalengka masih tinggi.

"Kami menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kodim 0617/Majalengka untuk optimalisasi penanganan stunting. Dengan harapan dapat mengurangi jumlah angka anak stunting di kota berjuluk Angin ini," ungkap Letkol Inf Danang Biantoro.

Dandim menjelaskan, bahwa kegiatan Bapak Asuh Anak Stunting di wilayah Kabupaten Majalengka ini merupakan program kerja sama antara Pemerintah Daerah dengan TNI AD, khususnya Kodim 0617/Majalengka.

Program ini juga, kata dia, merupakan gagasan pimpinan tinggi TNI AD (KASAD) yang juga menjadi Bapak Asuh Anak Stunting Nasional, sehingga program ini turun ke bawah sampai di jajaran Kodim-kodim yang terdapat angka stunting.

Menurut dandim, program ini sudah disusun secara kontinyu bersama dengan instansi terkait. Bahkan, kegiatan ini juga di laksanakan secara serentak di jajaran koramil jajaran yang ada kasus stunting.

Program ini lebih kepada anak usia di bawah 3 tahun. Dengan harapan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan angka stunting di Kabupaten Majalengka segera turun 10 persen - 14 persen pe-bulannya.

"Sehingga kita berharap kegiatan ini dapat membawa bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Majalengka dengan tujuan untuk menyelamatkan anak generasi penerus bangsa," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Majalengka, Tarsono D Mardiana yang hadir pada kegiatan kegiatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada jajaran Kodim 0617/Majalengka yang hari ini mulai bergerak di lapangan dalam penanganan kasus stunting.

Karena, menurut dia, hal ini tentu tidak bisa bergerak sendiri, sehingga harus bergerak bersama sama untuk mengetahui bagai mana kesehatan masyarakat itu sendiri. Sehingga, pihaknya sebagai pemerintah harus mengintervensi dan berkampanye bagaimana cara menjaga lingkungan yang sehat.

"Kami akan lebih termotivasi setelah TNI turun tangan dalam rangka penanganan angka stunting. Maka dari itu, kita selaku pemerintah daerah yang bertanggung jawab langsung. Kegiatan ini akan kami  jadikan salah satu sebagai program khusus," jelasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES