Peristiwa Daerah

Hajat Bumi Pulomajeti Diharapkan Semakin Mengenalkan Cagar Budaya Banjar

Jumat, 05 Agustus 2022 - 10:11 | 27.81k
Wakil Wali Kota menghadiri acara Hajat Bumi dengan gelaran Istiqosah bersama para pemangku adat dan budayawan (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)
Wakil Wali Kota menghadiri acara Hajat Bumi dengan gelaran Istiqosah bersama para pemangku adat dan budayawan (FOTO: Susi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJAR – Wakil Wali Kota Banjar, Nana Suryana, tadi malam menghadiri kegiatan Ngabumi yang bertempat di Situs Cagar Budaya Pulomajeti Lingkungan Siluman, Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kamis (04/08/2022). 

Kegiatan ini diisi dengan Istigasah bersama yang dipimpin Pemangku Adat Dieng yang diikuti oleh Tokoh Agama, Penggiat Budaya dari Kota Banjar serta Luar Kota Banjar.

Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

"Kegiatan ini intinya adalah menjalin silaturahmi serta salah satu upaya untuk 'ngamumule' budaya agar lestari," kata Wakil Wali Kota.

Selain dari Kota Banjar, kegiatan ini juga dihadiri oleh penggiat budaya dari Luar Kota Banjar seperti Banten, Majalengka, sumedang sampai Dieng. 

 "Saya berharap gelaran budaya seperti ini akan lebih mengenalkan Pulo Majeti sebagai Cagar Budaya Kota Banjar," harapnya.

Disebutkannya, pemulihan ekonomi di Kota Banjar terus diakselerasikan dengan menjadikan Banjar sebagai kota tujuan wisata.

Dengan banyaknya acara yang digelar, Wakil Wali Kota berharap akan menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke Kota Banjar. 

"Kami paksa dengan hormat pengunjung datang ke Kota Banjar melalui kalender event yang telah di susun. Event yang digelar terdiri dari tiga jenis,  Olah raga, Seni Budaya serta UKM khususnya kuliner," urainya.

Lebih lanjut, Nana mengatakan bahwa Ngabumi ini merupakan salah satu gelaran seni budaya yang harus dilestarikan sehingga dapat menjadi daya tarik untuk pengunjung datang ke Kota Banjar.

"Gunakan media sosial sebagai salah satu ajang promosi kekayaan seni budaya Kota Banjar," imbaunya.

Kegiatan dilanjutkan dengan guar budaya yang diisi diskusi budaya oleh para penggiat Budaya yang hadir.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES