Peristiwa Daerah

572.320 Balita Jadi Sasaran BIAN Kabupaten Bandung

Kamis, 04 Agustus 2022 - 20:58 | 30.62k
Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna me-launching Bulan Imunisasi Anak  Nasional (BIAN), di Desa Rawabogo Kec Ciwidey Kab Bandung, Kamis (4/7/22). (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)
Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna me-launching Bulan Imunisasi Anak  Nasional (BIAN), di Desa Rawabogo Kec Ciwidey Kab Bandung, Kamis (4/7/22). (FOTO: Iwa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Bupati Bandung H. M. Dadang Supriatna me-launching Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN Kabupaten Bandung), di Lapangan Legok Kole Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, Kamis (4/7/22).

Pencanangan BIAN ini merupakan kegiatan nasional yang serempak dilaksanakan di bulan Agustus di seluruh provinsi di Indonesia termasuk di seluruh desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Bandung. 

Bupati Bandung mengajak kepada semua orang tua yang memiliki balita usia 9 bulan untuk diimunisasi di tempat masing-masing.

"Semua balita di Kabupaten Bandung harus diimunisasi dan diharapkan 95 persen bisa mencapai target yang diharapkan," kata bupati.

Plt. Direktur  Pengelolaan Imunisasi Kemenkes RI, dr. Prima Yosephine., MKM menyatakan pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi kesehatan anak di Indonesia. 

Data Kemenkes tahun 2022, sebanyak 1,7 juta anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi rutin, sehingga kondisi ini berpotensi ditemukannya kejadian luar biasa dengan munculnya berbagai macam penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi.

Data dari Kemenkes cakupan imunisasi dasar lengkap saat ini menurun dari 93,7 persen pada tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19, menjadi hanya 79,6 persen tahun 2021. Oleh karenanya kegiatan BIAN ini serempak dilaksanakan. 

Ketua TP PKK kabupaten Bandung Hj Emma Detty Supriatna menyampaikan untuk mencapai target 95 persen balita di Kabupaten Bandung telah diimunisasi lengkap, maka perlu seluruh unsur yang terlibat untuk berperan aktif, salah satunya adalah peran PKK dalam mendukung dan mensukseskan BIAN 2022.

Menurut Emma, kader PKK bisa menjadi garda terdepan dalam ikut mensosialisasikan kegiatan BIAN ini ke desa/kelurahan.

"Sasaran program BIAN Kabupaten Bandung 2022 Bulan Agustus adalah  anak usia 9-59 bulan sekitar 317.355 jiwa, sasaran usia 12-59 bulan 254.965 jiwa", sebut Ketua PKK Kabupaten Bandung. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES